EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS IV IPA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA

INDAH KHOIRRUL MUTAKIN, NIM. 15410198 (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS IV IPA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS IV IPA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
15410198_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS IV IPA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
15410198_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

NDAH KHOIRRUL MUTAKIN. Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas IV IPA Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang masalah penelitian adalah kesulitan dalam memahami dan menghafal pelajaran Fiqh, kurangnya latihan soal dan kesulitan mengkaitkan konsep kehidupan dengan kehidupan sehari-hari yang mereka alami atau di lingkungan sekitar. Guru berusaha untuk memperbaiki pembelajaran agar proses belajar di kelas bisa lebih efektif dan efisien, yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Penerapan metode pembelajaran inkuiri diharapakan dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dan mengajak siswa untuk lebih aktif selama proses belajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Fiqh di kelas IV IPA Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrumen dan sebagai pengumpul data hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Pembelajaran yang diterapkan di kelas IV IPA pada mata pelajaran Fiqh semester II tahun ajaran 2018/2019 yaitu metode pembelajaran inkuiri yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan respon siswa. Efektivitas penerapan metode inkuiri di kelas IV IPA dapat dijelaskan bahwa nilai siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas IV IPA sebelum diterapkan metode pembelajaran inkuiri adalah 68,1 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendahnya 50. Siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM (75) ada 16 siswa yaitu sekitar 55% sedangkan yang di bawah KKM (75) ada 13 siswa yaitu 45%. Sedangkan setelah diterapkan metode pembelajaran inkuiri, nilai rata-rata kelasnya meningkat menjadi 72,1 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55. Siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM (75) ada 22 siswa yaitu 76% sedangkan yang di bawah KKM (75) ada 7 siswa yaitu 24%. Dari hasil belajar siswa yang di atas KKM (75) dikatakan meningkat yaitu dari 55% menjadi 76%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, metode inkuiri.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Jan 2020 15:05
Last Modified: 29 Jan 2020 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum