PERAN KONSELOR DALAM MENGATASI MASALAH KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI B IPA MA DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO JAWA TIMUR

Ihda ‘Ainul ‘Aziz, NIM 15220038 (2019) PERAN KONSELOR DALAM MENGATASI MASALAH KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI B IPA MA DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KONSELOR DALAM MENGATASI MASALAH KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI B IPA MA DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO JAWA TIMUR)
15220038_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN KONSELOR DALAM MENGATASI MASALAH KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI B IPA MA DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO JAWA TIMUR)
15220038_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

IHDA ‘AINUL ‘AZIZ . Peran Konselor dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI B IPA MA DARUL HUDA Mayak Tonatan Kabupaten Ponorogo Jawa Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya permasalahan belajar yang terjadi pada siswa kelas XI B IPA sehingga dapat menghambat serta mempengaruhi perilaku siswa. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan peran konselor terhadap pelayanan kepada siswa kelas XI B IPA MA DARUL HUDA dengan berbagai upaya yang dapat memberikan motivasi kembali bagi siswa. Siswa akan lebih terbuka kepada guru terhadap masalah yang siswa alami sehingga siswa kembali nyaman dalam belajar dan beraktifitas di lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran konselor dalam mengatasi masalah kesulitan belajar pada siswa kelas XI B IPA MA DARUL HUDA. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif yaitu mengumpulkan dan menyusun data kemudian menganalisis dan mengintepretasikannya tentang data lembut. Penelitian dilaksanakan menggunakan berbagai metode yaitu wawancara, observasi, dokumentasi terhadap peran wali kelas dalam mengatasi masalah belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan siswa terjadi karena adanya perilaku siswa yang menyebabkan masalah belajar serta kurangnya perhatian terhadap siswa. Peran konselor dan guru bimbingan konseling sama-sama berperan penting tetapi guru bimbingan konseling lebih memberikan pelayanan dan bimbingan dalam mengatasi masalah perilaku dan moral siswa sedangkan konselor memberikan pelayanan dan bimbingan dari permasalahan belajar hingga perilaku atau moral siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah,M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Konselor, Wali Kelas, Masalah Kesulitan Belajar Siswa dan Pelayanan Terhadap Siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Jan 2020 13:40
Last Modified: 30 Jan 2020 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35176

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum