BIMBINGAN PRANIKAH DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH BAGI ANGGOTA POLRI OLEH BADAN PEMBANTU PENASEHAT PERKAWINAN PERCERAIAN DAN RUJUK (BP4R) POLDA D.I. YOGYAKARTA

YULIA PUTRI INTAN SARI, NIM: 15220088 (2019) BIMBINGAN PRANIKAH DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH BAGI ANGGOTA POLRI OLEH BADAN PEMBANTU PENASEHAT PERKAWINAN PERCERAIAN DAN RUJUK (BP4R) POLDA D.I. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRANIKAH DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH BAGI ANGGOTA POLRI OLEH BADAN PEMBANTU PENASEHAT PERKAWINAN PERCERAIAN DAN RUJUK (BP4R) POLDA D.I. YOGYAKARTA)
15220088_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRANIKAH DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH BAGI ANGGOTA POLRI OLEH BADAN PEMBANTU PENASEHAT PERKAWINAN PERCERAIAN DAN RUJUK (BP4R) POLDA D.I. YOGYAKARTA)
15220088_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (720kB)

Abstract

YULIA PUTRI INTAN SARI (NIM: 15220088). Bimbingan Pranikah Dalam Membangun Keluarga Sakinah Bagi Anggota Polri Oleh Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R) Polda D.I. Yogyakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Sebuah ikatan pernikahan pada dasarnya memiliki tujuan untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan hidup dalam mengarungi kehidupan rumahtangga. Mengingat tugas sehari-hari seorang anggota Polri sebagai pelindungi, pengayomi, dan pelayan masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya bimbingan pranikah agar calon pasangannya dapat memahami akan tugas sebagai anggota Polri sehingga dapat memeberikan pemahaman pada pasanganya dan menumbuhkan kesadaran dalam membangun keluarga sakinah. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui unsur-unsur bimbingan pranikah oleh Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R) Polda D.I. Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini yaitu Kepala Kabagwatpers, Kepala Subbagrohjas, Bagwatpers Ro SDM, dan 3 pasangan calon suami istri yang telah mengikuti bimbingan pranikah oleh Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R) Polda D.I. Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur-unsur bimbingan pranikah yang dilakukan oleh Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R) Polda D.I. Yogyakarta meliputi Subjek (pembimbing), Objek(sasaran), Materi, dan Metode. Sehingga bimbingan pranikah oleh Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R) Polda D.I. Yogyakarta dapat memberikan pemahaman dalam membangun keluarga sakinah bagi calon pasangan suami istri yang akan melangsungkan pernikahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abdullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pranikah, Membangun Keluarga Sakinah, Unsur- Unsur Pranikah.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Feb 2020 14:45
Last Modified: 06 Feb 2020 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum