CITRA SOSOK NUH DALAM FILM “NOAH” KARYA DARREN ARONOFSKY (Analisis Semiotik Roland Barthes)

Farida Dian Qonita, NIM 13210036 (2019) CITRA SOSOK NUH DALAM FILM “NOAH” KARYA DARREN ARONOFSKY (Analisis Semiotik Roland Barthes). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (CITRA SOSOK NUH DALAM FILM “NOAH” KARYA DARREN ARONOFSKY (Analisis Semiotik Roland Barthes))
13210036_SAMPUL_BAB I_BAB IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (CITRA SOSOK NUH DALAM FILM “NOAH” KARYA DARREN ARONOFSKY (Analisis Semiotik Roland Barthes))
13210036_BAB II_SAMPAI SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

FARIDA DIAN QONITA : 13210036. Citra Nabi Nuh Dalam Film Noah Karya Darren Aronofsky (Analisis Semiotik Roland Barthes). Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2019. Film Noah karya Darren Aronofsky merupakan salah satu film box office Hollywood yang mengangkat sosok nabi kedalam sebuah film. Film yang ditayangkan pada tahun 2014 ini cukup mengundang banyak penolakan diberbagai negara karena dianggap terlalu kontroversial, termasuk di Indonesia. Bercerita tentang kisah Nabi Nuh dan musibah air bah nya, Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia mencekal film Noah karena dianggap tidak sesuai dengan cerita dalam kitab suci. Berlatar belakang dari persoalan tersebut, peneliti ingin mengetahui tentang citra Nabi Nuh yang digambarkan dalam film Noah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu analisis semiotika model Roland Barthes. Analisis semiotika Roland Barthes mengembangkan dua sistem penandaan bertingkat yang disebut sistem denotasi dan konotasi. Sistem denotasi merupakan sistem penandaan tingkat pertama yang terdiri dari hubungan antara penanda dan petanda dengan realitas eksternal yang ada disekitarnya. Sedangkan konotasi merupakan sistem penandaan tingkat kedua dimana penanda dan petanda pada tingkat denotasi menjadi penanda untuk petanda (mitos) yang ada pada wilayah nilai-nilai, termasuk didalamnya sejarah dan budaya. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa citra Nabi Nuh dalam film Noah terbagi menjadi dua, yaitu positif dan negatif. Citra positif dan negatif tersebut dilihat melalui indikator sifat Nabi Nuh yaitu penyabar, tenang, fasih, berpikiran tajam dan penyayang. Dalam film Noah muncul scene-scene yang tidak sesuai dengan kelima indikator sifat Nabi Nuh tersebut. Scene-scene inilah yang akan menjadi tanda citra negatif Nabi Nuh. Kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwasanya dari penelitian ini citra Nabi Nuh dalam film Noah lebih dominan negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khoiro Ummatin, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Citra, Film, Nabi Nuh, Noah, Semiotika.
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Feb 2020 14:46
Last Modified: 06 Feb 2020 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum