KODE ETIK PENYIARAN PADA PROGRAM ACARA RUMAH UYA TRANS7 (Analisis Isi Kuantitatif Etika pada Pesan Dakwah Umi Yuyun dalam Program Acara Rumah Uya edisi Ramadhan 2018 eps. 21-29)

Annisa Royyanuz Zahro, NIM 14210090 (2019) KODE ETIK PENYIARAN PADA PROGRAM ACARA RUMAH UYA TRANS7 (Analisis Isi Kuantitatif Etika pada Pesan Dakwah Umi Yuyun dalam Program Acara Rumah Uya edisi Ramadhan 2018 eps. 21-29). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KODE ETIK PENYIARAN PADA PROGRAM ACARA RUMAH UYA TRANS7 (Analisis Isi Kuantitatif Etika pada Pesan Dakwah Umi Yuyun dalam Program Acara Rumah Uya edisi Ramadhan 2018 eps. 21-29))
14210090_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KODE ETIK PENYIARAN PADA PROGRAM ACARA RUMAH UYA TRANS7 (Analisis Isi Kuantitatif Etika pada Pesan Dakwah Umi Yuyun dalam Program Acara Rumah Uya edisi Ramadhan 2018 eps. 21-29))
14210090_BAB II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ANNISA ROYYANUZ ZAHRO: 14210090, Skripsi: Kode Etik Penyiaran pada Program Acara Rumah Uya Trans7 (Analisis Isi kuantitatif Etika pada Pesan Dakwah Umi Yuyun dalam Program Acara Rumah Uya edisi Ramadhan 2018 eps. 21-29). Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan dakwah yang disampaikan Umi Yuyun pada program acara Rumah Uya Trans7 edisi Ramadhan setelah mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia dan Majelis Ulama Indonesia. Dalam menganalisis etika pada pesan dakwah Umi Yuyun digunakan metode analisis isi secara kuantitatif yang didukung dengan teori tanggung jawab sosial, serta Kode Etik Penyiaran atau Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) sebagai alat untuk menganalisis Umi Yuyun sebagai orang yang dipercaya mempunyai kapasitas dalam memberikan nasihat atau tanggapan atas sebuah persoalan yang dimediasikan, mempunyai gaya tersendiri dalam menyampaikan pesan atau menanggapi masalah. Menurut MUI cara yang digunakan Umi dalam menyikapi masalah terkadang larut dalam gaya menuduh, menghakimi dan memperkeruh suasana, karenanya evaluasi terhadap kualitas pendakwah agama yang ditampilkan pada program Ramadhan masih perlu dilakukan. Hasil penelitian menunjukan pesan dakwah yang disampaikan Umi Yuyun mengandung kategori pelanggaran paling banyak dari indikator tidak melanggar norma kesopanan dan kesusilaan, disusul dengan indikator menghormarti hak privasi, muatan tidak melecehkan orang atau kelompok tertentu, muatan berisi perbedaan pandangan agama disajikan berimbang, memperhatikan kepentingan publik, menghormati etika profesi, dan tidak menampilkan ungkapan kasar atau makian. Sedangkan untuk indikator tidak melecehkan atau merendahkan SARA tidak ditemukan pelanggaran. Adanya 7 dari 8 indikator yang dilanggar menunjukan bahwa pesan dakwah Umi Yuyun belum menerapkan kode etik penyiaran dengan sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah, Analisis isi, P3SPS
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:32
Last Modified: 10 Feb 2020 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum