PERBANDINGAN RESPONS ANGGOTA ASRAMA BAITUL QUR’AN YOGYAKARTA DENGAN ANGGOTA GRUP WHATSAPP FORUM SILATURAHMI (FORSIL) MQ FM TERHADAP PROGRAM “MQ PAGI” DI RADIO MQ FM JOGJA

NIKI NUR LAILA SARI, NIM 15210043 (2019) PERBANDINGAN RESPONS ANGGOTA ASRAMA BAITUL QUR’AN YOGYAKARTA DENGAN ANGGOTA GRUP WHATSAPP FORUM SILATURAHMI (FORSIL) MQ FM TERHADAP PROGRAM “MQ PAGI” DI RADIO MQ FM JOGJA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN RESPONS ANGGOTA ASRAMA BAITUL QUR’AN YOGYAKARTA DENGAN ANGGOTA GRUP WHATSAPP FORUM SILATURAHMI (FORSIL) MQ FM TERHADAP PROGRAM “MQ PAGI” DI RADIO MQ FM JOGJA)
15210043_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN RESPONS ANGGOTA ASRAMA BAITUL QUR’AN YOGYAKARTA DENGAN ANGGOTA GRUP WHATSAPP FORUM SILATURAHMI (FORSIL) MQ FM TERHADAP PROGRAM “MQ PAGI” DI RADIO MQ FM JOGJA)
15210043_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Niki Nur Laila Sari, “PERBANDINGAN RESPONS ANGGOTA ASRAMA BAITUL QUR’AN YOGYAKARTA DENGAN ANGGOTA GRUP WHATSAPP FORUM SILATURAHMI (FORSIL) MQ FM TERHADAP PROGRAM “MQ PAGI” DI RADIO MQ FM JOGJA”, skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, April, 2019. Program siaran “MQ Pagi” merupakan program siaran dakwah yang hadir setiap hari, pada pukul 05.00 – 06.00 WIB di Radio MQ FM. Program tersebut memiliki tema – tema kajian Islam yang berbeda disetiap harinya mulai dari Aqidah hingga anjuran berakhlakul karimah. Program ini menjadi salah satu program yang menarik untuk diteliti karena program ini banyak di rellay oleh beberapa radio swasta di Indonesia. Selain itu juga di Yogyakarta terdapat asrama yang masih satu naungan dengan radio MQ FM yaitu Asrama Baitul Qur’an dimana asrama tersebut mewajibkan anggotanya untuk menyimak program siaran “MQ Pagi” setiap pagi. Oleh sebab itu peneliti ingin mengtahui respons dari anggota Asrama Baitul Qur’an terhadap program siaran “MQ Pagi”. Selain itu peneliti ingin membandingan respons pendengar yang menjadi anggota di Asrma Baitul Qur’an dengan pendengar umum yang tergabung dalam grup Whatsapp Forum Silaturahmi (FORSIL) MQ FM. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R atau stimulus (pesan), organism (komunikan), respons (efek). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskkriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan alat uji berupa kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Asrama Baitul Qur’an tahun 2018 yakni 25 dan juga pendengar umum yang tergabung dalam grup Whatsapp FORSIL MQ FM Jogja yang berjumlah 33. Pengambilan sample dengan teknik purposive sampling. Data hasil kuesioner kemudian diolah untuk menetukan mean kemudian dianalisis. Analisis data menggunakan rumus analisis statistic parametric yakni independent t test. Berdasarkan hasil analisis data, program siaran “MQ Pagi” mendapatkan respons positif dari anggota Asrama Baitul Qur’an dengan respons tertinggi terdapat pada respons kognitif dimana skor rata – rata adalah 3,4. Begitupun dengan pendengar umum yang memberikan respons positif terhadap program siaran “MQ Pagi” dengan skor rata – rata tertinggi 3,48. Berdasarkan hasil uji independent t test diperoleh hasil 0,069. Dengan ketentuan 0,069 > 0,05, maka tidak ada perbedaan respons yang signifikan atara pendengar yang merupakan anggota Asrama Baitul Qur’an dengan pendengar umum terhadap program siaran “MQ Pagi”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Musthofa, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Respons, Stimulus- Organism – Respons, MQ Pagi, Asrama Baitul Qur’an, independent t tets
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:35
Last Modified: 10 Feb 2020 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum