MOTIF DAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA ASRAMA MASJID SYUHADA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Wildan Ridho Praskoso, NIM. 15210057 (2019) MOTIF DAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA ASRAMA MASJID SYUHADA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MOTIF DAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA ASRAMA MASJID SYUHADA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL)
15210057_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MOTIF DAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA ASRAMA MASJID SYUHADA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL)
15210057_BAB-I_IV_atau_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Wildan Ridho Prakoso, NIM. 15210057, 2019, Motif Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Asrama Masjid Syuhada Yogyakarta Dalam Menggunakan Media Sosial. Skrpsi. Yogyakarta: Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penggunaan internet di Indonesia sudah mencapai 143 juta orang pada tahun 2017. Tercatat bahwa kini penduduk Indonesia yang telah menggunakan media sosial dan telah terdaftar sebagai pengguna aktif mencapai 130 juta orang. Teori Uses And Gratification telah menjelaskan bahwa manusia aktif terhadap media. Dalam teori ini, kebutuhan mendasar manusia untuk mempunyai motif dalam menggunakan media dan pada ujungnya adalah puas atau tidak puas. Penelitian ini akan menelusuri apa motif yang mendasari mahasiswa sebagai populasi dalam penelitian ini dalam menggunakan media sosial. Dari motif tersebut kemudian akan berujung pada tercapainya puas atau tidak puas. Jenis penelitian kuatitatif deskritif. Menggunakan metode sensus yang mana akan meneliti seluruh populasi yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan mengenai apa motif dan bagaimana tingkat kepuasan Mahasiswa Asrama Masjid Syuhada dalam menggunakan media sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik responden mayoritas adalah mahasiswa berje nis kelamin laki-laki, mayoritas responden berusia 23 tahun, mayoritas responden berlatar belakang pendidikan MA, mayoritas responden memiliki pengeluaran bulanan tujuh ratus lima puluh ribu hingga satu juta rupiah, mayoritas responden memiliki gadget lebih dari satu, mayoritas responden memiliki media sosial lebih dari satu, mayoritas responden menggunakan media sosial Instagram. Motif yang ditemukan pada Mahasiswa Asrama Masjid Syuhada dalam menggunakan media sosial adalah motif social interaction sebanyak 15.74 persen, Information Seeking sebanyak 15, 23 persen, Motif Entertaint sebanyak 11,17 persen, motif Pass Time sebanyak 11,68 persen, motif Information Sharing sebanyak 7,11 persen, motif Communicatory Utility sebanyak 6,6 persen, motif Knowledge About Each Others sebanyak 8,63 persen, motif Relaxation sebanyak 6,6 persen, motif Expression of Opinion sebanyak 9,64 persen, motif Convenience Utility sebanyak 7,6 persen. Tingkat kepuasan yeng ditemukan pada Mahasiswa Asrama Masjid Syuhada dalam menggunakan media sosial adalah Instagram dengan tingkat kepuasan 28,43 persen, Whatsapp dengan tingkat kepuasan 25,49 persen, Youtube dengan tingkat kepuasan 19,60 persen, Facebook dengan tingkat kepuasan 15,68 persen, dan Twitter dengan tingkat kepuasan 10,78 persen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Motif, Kepuasan, Teori Uses And Gratification
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:37
Last Modified: 10 Feb 2020 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum