FRAMING ISU-ISU ISLAM DALAM KAMPANYE PEMILU 2019 DI RUBRIK SURAT KABAR HARIAN KOMPAS DAN HARIAN REPUBLIKA

Rizka Habibah, NIM.: 15210072 (2019) FRAMING ISU-ISU ISLAM DALAM KAMPANYE PEMILU 2019 DI RUBRIK SURAT KABAR HARIAN KOMPAS DAN HARIAN REPUBLIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FRAMING ISU-ISU ISLAM DALAM KAMPANYE PEMILU 2019 DI RUBRIK SURAT KABAR HARIAN KOMPAS DAN HARIAN REPUBLIKA)
15210072_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FRAMING ISU-ISU ISLAM DALAM KAMPANYE PEMILU 2019 DI RUBRIK SURAT KABAR HARIAN KOMPAS DAN HARIAN REPUBLIKA)
15210072_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Rizka Habibah (15210072), 2019, Penelitian yang berjudul FRAMING ISU-ISU ISLAM DALAM KAMPANYE PEMILU 2019 DI RUBRIK SURAT KABAR HARIAN KOMPAS DAN HARIAN REPUBLIKA bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan Kompas dan Republika dalam melakukan pemberitaan isu Islam dalam kampanye 2019 dengan rentang waktu 13 Oktober – 13 November 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis framing model Zhodang Pan dan Gerald M. Kosicki, berdasarkan empat struktur analisis yaitu, sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari naskah berita di Harian Kompas dan Harian Republika edisi 13 Oktober-13 November 2018 sebanyak 13 isu Islam. Kedua media massa tersebut mempunyai ideologi yang berbeda sehingga berpengaruh terhadap pemberitaan yang diberitakan. Kesimpulan dalam pemberitaan ini adalah Republika dengan ideologi Islam, memiliki kecenderungan untuk memberitakan dengan sudut pandang yang berbeda dengan Kompas. Republika yang memihak kepada Jokowi-Ma‟ruf, yang terbukti dari pemberitaan yang mereka sajikan, serta bergabungnya Direktur Utama Republika Erick Thohir dalam TKN Jokowi-Ma‟ruf. Dengan jumlah 117 berita kampanye ditemukan 12 berita isu Islam. Berita tersebut di antaranya membahas kampanye di tempat ibadah, kunjungan paslon ke pondok pesantren, dan juga simbol-simbol lainnya yang berkaitan dengan Islam. Sedangkan Kompas dengan jumlah 67 berita kampanye terdapat 1 berita isu Islam. Ideologi Kompas yang nasionalis tentu mempengaruhi isi pemberitaan, sehingga hanya ditemukan satu berita isu Islam. Sikap Kompas yang independen dalam pemberitaan kampanye mengenai isu Islam ini berbanding terbalik dengan Republika yang menganut ideologi Islam. Hal tersebut menunjukan bahwa setiap media mempunyai cara kerjanya masing-masing yang dipengaruhi oleh ideologi media tersebut dan konstruksi yang ingin ditampilkan kepada khalayak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Anisah Indriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Isu Islam, Kampanye Pemilu 2019, Kompas, Republika
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:37
Last Modified: 10 Feb 2020 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum