PENGARUH INTENSITAS MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERILAKU NARSISME REMAJA MUSLIM KOMUNITAS MUSER JOGJA SQUAD

Alfiana Yuniar Rahmawati, NIM. 15210074 (2019) PENGARUH INTENSITAS MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERILAKU NARSISME REMAJA MUSLIM KOMUNITAS MUSER JOGJA SQUAD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTENSITAS MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERILAKU NARSISME REMAJA MUSLIM KOMUNITAS MUSER JOGJA SQUAD)
15210074_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTENSITAS MENGGUNAKAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERILAKU NARSISME REMAJA MUSLIM KOMUNITAS MUSER JOGJA SQUAD)
15210074_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Alfiana Yuniar Rahmawati, NIM. 15210074, 2019. Pengaruh Intensitas Menggunakan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Narsisme Remaja Muslim Komunitas Muser Jogja Squad. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Munculnya media baru di Indonesia memberikan dampak bagi perubahan masyarakat. Khususnya remaja, tidak sedikit yang memanfaatkan media baru sebagai ajang untuk mencari kepopuleran dan pengakuan diri. Salah satu bentuk media baru saat ini yaitu aplikasi tiktok. Aplikasi tiktok merupakan sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang digunakan untuk membuat video kemudian dibagikan kepada pengguna aplikasi tiktok lainnya. Salah satu dampak perubahan perilaku yang bisa ditimbulkan dari penggunaan aplikasi tiktok ini adalah perilaku narsisme. Dikarenakan dukungan dari fitur-fitur menarik serta pilihan lagu yang beragam di dalam aplikasi. Perilaku narsisme masing-masing remaja berbeda tergantung pada tingkat intensitas remaja dalam menggunakan aplikasi tiktok. Semakin tinggi intensitas menggunakan aplikasi tiktok, maka dampak yang ditimbulkan juga akan tinggi begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah Terdapat Pengaruh dari Intensitas Menggunakan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Narsisme Remaja Muslim Komunitas Muser Jogja Squad”. Teori yang digunakan adalah Teori SOR, Intensitas Menggunakan Aplikasi Tiktok, dan Perilaku Narsisme. Uji Validitas menggunakan validitas konstruk yang dihitung menggunakan rumus Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS versi 20. Jenis analisis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey dan analisis data menggunakan metode statistik parametrik, yaitu analisis Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS versi 20. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh yang ditimbulkan dari intensitas menggunakan aplikasi tiktok menggunakan rumus Koefisien Determinasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara dan dokumentasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sample, yaitu sebanyak 31 responden. Dari pengolahan data, ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas menggunakan aplikasi tiktok terhadap perilaku narsisme remaja muslim komunitas Muser Jogja Squad. Pengaruh yang ditimbulkan sebesar 36,72%. Penelitian ini menggunakan dk = 29 (N – 2 atau 31 - 2) dan tingkat probabilitas atau taraf signifikansi sebesar 0,05 (5%) maka rtabel sebesar 0,355 dan dari perhitungan diperoleh rhitung sebesar 0,606. Dengan demikian karena rhitung> rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Musthofa, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Intensitas Menggunakan Aplikasi Tiktok, Perilaku Narsisme, dan Teori SOR
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:37
Last Modified: 10 Feb 2020 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35207

Actions (login required)

View Item View Item