POLA KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN MELALUI MEDIA WHATSAPP (Studi Kualitatif di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Yogyakarta)

Hidayat, NIM. 15210076 (2019) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN MELALUI MEDIA WHATSAPP (Studi Kualitatif di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN MELALUI MEDIA WHATSAPP (Studi Kualitatif di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Yogyakarta))
15210076_BAB 1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (POLA KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN MELALUI MEDIA WHATSAPP (Studi Kualitatif di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Yogyakarta))
15210076_.BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hidayat 1520076, Pola Komunikasi Organisasi Antara Pimpinan dan Karyawan Melalui Media WhatsApp (Studi Kualitatif di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Yogyakarta). Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2019. Dalam sebuah organisasi terdapat dua komponen, berupa pemimpin dan anggota. Untuk menjaga keberlangsungan suatu organisasi, dibutuhkan pola komunikasi dan kerjasama yang baik antara pimpinan. Dalam mewujudkan komunikasi yang efektif antara keduanya, dibutuhkan media sosial sebagai perantara komunikasi seperti WhatsApp. Salah satu organisasi yang menggunakannya adalah Yatim Mandiri Yogyakarta yang memanfaatkan WhatsApp sebagai grup chatting untuk membahas segala macam informasi ataupun masalah-masalah yang berkaitan dengan organisasi tersebut. Pada peneltian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori informasi organisasi untuk meminimalisir informasi yang ambigu dalam komunikasi via WhatsApp. Adapun analisis data, menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa pola komunikasi organisasi di Yatim Mandiri Yogyakarta menggunakan dua pola, berupa komunikasi informatif dan regulatif dalam komunikasi antarpersonal dan komunikasi informatif dan regulatif dalam komunikasi kelompok. Adapun komunikasi antarpersonal pimpinan maupun karyawan sangat jarang iii menyampaikan informasi melalui chat personal. Adapun dari segi komunikasi kelompok, pimpinan maupun karyawan sering menyampaikan informasi melalui chat grup sebagai koordinasi disertai dengan penyampaian informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Kholili, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Organisasi, WhatsApp, Yatim Mandiri.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 10:38
Last Modified: 10 Feb 2020 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum