Deva Kuncoro, NIM 14230036 (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN KAKAO DI DUSUN GUNUNG BUTHAK DESA NGLANGGERAN PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

Abbel Restu Nugroho, NIM 12230074 (2019) Deva Kuncoro, NIM 14230036 (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN KAKAO DI DUSUN GUNUNG BUTHAK DESA NGLANGGERAN PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Deva Kuncoro, NIM 14230036 (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN KAKAO DI DUSUN GUNUNG BUTHAK DESA NGLANGGERAN PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.)
12230074_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Deva Kuncoro, NIM 14230036 (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN KAKAO DI DUSUN GUNUNG BUTHAK DESA NGLANGGERAN PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.)
12230074_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Kesenian Karawitan sebagai salah satu media integrasi sosial merupakan sebuah metode yang baik dan menarik perhatian peneliti untuk melakukan pengkajian lebih mendalam terhadap proses integrasi sosial.di masyarakat Dusun Tejogan. Karawitan telah menjelma lama menjadi seni yang berkembang di wilayah perdesaan jawa, salah satunya yaitu Dusun Tejogan. Kesenian Karawitan sebagai media integrasi sosial disebabkan karena telah terjadi perubahan tingkah laku, yang menjadikan dusun tejogan mengalami kemunduran dalam hal gotong royong dan perilaku masyarakat desa yang mulai individualis dan egoisme disebabkan karena kurangnya system memiliki keteraturan dan bagian-bagian yang saling bergantungan. Metode penelitian kualitatif menjadi pijakan dasar dalam penelitian ini dengan mendeskripsikan fenomena keadaan masyarakat setempat dan proses Kesenian Karawitan sebagai media integrasi sosial di Dusun Tejogan berdasarkan pada sumber data yang diperoleh. dari perangkat Dusun. Subjek penelitian terdiri dari: (1) Kepala Dusun, (2) Pengurus dan anggota Paguyuban Pangestu Budoyo, (3) Warga Dusun, Muda-mudi Dusun Tejogan, (4) Tokoh Masyarakat. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam, dan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur atau dokumentasi untuk mengetahui (1) Bagaimana proses kesenian karawitan sebagai integrasi sosial, (2) Dampak dari kesenian karawitan sebagai media integrasi sosial di masyarakat Dusun Tejogan. Selanjutnya data tersebut dianalisa melalui tahap reduksi, pemaparan dan verifikasi data untuk selanjutnya dipaparkan hasilnya. Proses yang dilakukan dalam menciptakan integrasi sosial di Dusun Tejogan, dalam hal ini Paguyuban Pangestu Budoyo memiliki sebuah metode dalam mengfungsikan kesenian karawitan di dalam sistem atau tatanan masyarakat yang meliputi pengenalan dan adaptasi, proses latihan melalui wejangan, diskusi tembang, aransemen tembang dan melaksanakan pementasan. Tahapan tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan yang baik berupa mempersatukan masyarakat menjadi lebih harmonis dan dinamis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak kesenian karawitan sebagai media integrasi sosial yaitu melestarikan kembali kesenian karawitan sebagai budaya jawa, merubah perilaku sosial yang individual menjadi lebih terbuka, mulai menyatukan masyarakat wilayah atas dengan masyarakat wilayah bawah, serta kesenian karawitan mampu mendukung kegiatan dusun dengan memasukkan karawitan sebagai kegiatan pendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Afif Rifai, M.S.
Uncontrolled Keywords: Kesenian Karawitan, Integrasi Sosial, Masyarakat Dusun Tejogan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 15:53
Last Modified: 10 Feb 2020 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum