PROSES PELAKSAAN DAN DAMPAK PROGRAM PEMBERDAYAAN GERAKAN MEMBANGUN EKONOMI MASYARAKAT (GERBANG EMAS) DI DESA KAWUTA, SOLOR TIMUR, FLORES TIMUR

Hasbullah Hafid, NIM: 12230079 (2019) PROSES PELAKSAAN DAN DAMPAK PROGRAM PEMBERDAYAAN GERAKAN MEMBANGUN EKONOMI MASYARAKAT (GERBANG EMAS) DI DESA KAWUTA, SOLOR TIMUR, FLORES TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROSES PELAKSAAN DAN DAMPAK PROGRAM PEMBERDAYAAN GERAKAN MEMBANGUN EKONOMI MASYARAKAT (GERBANG EMAS) DI DESA KAWUTA, SOLOR TIMUR, FLORES TIMUR)
12230079_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROSES PELAKSAAN DAN DAMPAK PROGRAM PEMBERDAYAAN GERAKAN MEMBANGUN EKONOMI MASYARAKAT (GERBANG EMAS) DI DESA KAWUTA, SOLOR TIMUR, FLORES TIMUR)
12230079_BAB-II_S.D_BAB_SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hasbullah Hafid. Proses Pelaksanaan Dan Dampak Program Pemberdayaan Gerakan Membangun Ekonomi Masyarakat (Gerbang Emas) Di Desa Kawuta Solor Timur Flores Timur. Skripsi. Yogyakarta.: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian: Desa Kawuta, Solor Timur, Flores Timur mempunyai program pemberdayaan yang dinamakan Gerbang Emas. Gerbang Emas merupakan salah satu program dari pemerintah provinsi yang digulirkan kepada masyarakat desa yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi perkapita setiap masyarakat yang mempunyai usaha. Namun pada pelaksanaannya program tersebut telah mengeluarkan dana yang tidak sedikit namun belum nampak memberi manfaat bagi masyarakat. Berdasarkan hal itu maka penelitian ini mengkaji tentang proses pelaksanaan dan dampak program Gerbang Enas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif – partisipatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan persuasive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah data, serta meng-urutkan untuk mengorganisasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana dampak yang di hasilkan dan bagaimana proses pelakasaan program gerbang emas. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar penerima dana adalah orang yang belum memiliki usaha dan tidak memiliki pendapatan tetap. Sebagaimana yang telah peneliti jumpai di lapangan, tempat Desa Kawuta, Solor Timur, Flores Timur. Dengan tidak tepatnya pengguliran dana tersebut mengakibatkan penunggakan dalam angsuran setiap bulan. Pemerintah desa sebagai aperatur desa yang memegang kendali penting terkait dana program yang masuk di desa tidak begitu baik dalam mensosialisasikan. Pemerintah desa hanya mensosialisasikan bahwa akan ada dana program yang masuk ke desa, tanpa menjelaskan dana tersebut bertujuan untuk apa dan sasaran yang berhak meminjam dana tersebut seperti apa. Maka masyarakat menganggap program gerbang emas adalah program dana hibah dari pemerintah yang disalurkan ke desa-desa untuk masyarakat miskin. Dilihat dampak program masyarakat senang dengan program, namun secara umum belum mampu meningkatkan ekonomi masyarakat karena tidak ada pendampingan program yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. PAJAR HATMA INDRA JAYA.S.Sos. M.Si
Uncontrolled Keywords: Gerbang Emas, Proses Pelaksanaan Dan Dampak, Program Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 15:53
Last Modified: 10 Feb 2020 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum