STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH LEMBAGA PRIMA KATALISINDO DI DESA TERONG KECAMATAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA

Arta Wijaya, NIM.: 12230048 (2019) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH LEMBAGA PRIMA KATALISINDO DI DESA TERONG KECAMATAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH LEMBAGA PRIMA KATALISINDO DI DESA TERONG KECAMATAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA)
12230048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH LEMBAGA PRIMA KATALISINDO DI DESA TERONG KECAMATAN DLINGO BANTUL YOGYAKARTA)
12230048_BAB II_SEBELUM -BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Arta Wijaya (12230048). “Strategi Pemberdayaan Masyarakat oleh Lembaga Prima Katalisindo di Desa Terong, Kecamatan Dlingo Bantul, Yogyakarta”. Pembimbing Dr. Hj. Sriharini S, Ag., M, Si. Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2019. Prima Katalisindo merupakan salah satu lembaga sosial yang fokus melakukan pemberdayaan masyarakat di bidang UMKM. Prima Katalisindo sudah banyak melakukan pelatihan-pelatihan pemberdayaan dengan memberikan pengetahuan keilmuan sampai pada praktek lapangan untuk menghasilkan benda bernilai ekonomi selain itu juga ikut serta membantu mendistribusikan hasil kreatifitas masyarakat agar bisa dijual. Dengan adanya lembaga ini maka, penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi dan hasil Pemberdayaan yang sudah dilaksanakan oleh lembaga PK di Desa Terong, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pendamping dari Lembaga Prima Katalisindo, perangkat desa (Kepala desa , RT, RW) serta masyarakat desa minimal berjumlah 5-10 orang. Penelitian dilakukan dengan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Hubermen. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat Oleh Lembaga Prima Katalisindo di Desa Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta meliputi tahapan- tahapan sebagai berikut: (1) Analisis kondisi lapangan, (2) Merubah mindset masyarakat, (3) Meminta dukungan pemerintah setempat (4) Tahap perencanaan (5) Tahap Pelaksanaan (6) Tahapan Evaluasi Program. Hasil pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh lembaga Prima Katalisindo di Desa Terong yaitu ada tiga: (1) Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (2). Meningkatkan ekonomi (3). Partisipasi Proses Pembangunan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sriharini, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Prima Katalisindo, Starategi Pemberdayaan, Hasil Pemberdayaan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Feb 2020 10:04
Last Modified: 08 Sep 2022 12:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum