MANDIRI PANGAN: Studi Implementasi Program Kawasan Rumah Pangan Lestari di KWT Shinta Mina Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta

Nurul Aini Maslihah, NIM: 15230062 (2019) MANDIRI PANGAN: Studi Implementasi Program Kawasan Rumah Pangan Lestari di KWT Shinta Mina Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANDIRI PANGAN: Studi Implementasi Program Kawasan Rumah Pangan Lestari di KWT Shinta Mina Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta)
15230062_BAB-I_IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANDIRI PANGAN: Studi Implementasi Program Kawasan Rumah Pangan Lestari di KWT Shinta Mina Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta)
15230062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurul Aini Maslihah, Mandiri Pangan: Studi Implementasi Program Kawasan Rumah Pangan Lestari di KWT Shinta Mina Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah semakin bertambahnya penduduk Indonesia maka semakin bertambah pula kebutuhan pangan penduduk Indonesia, akan tetapi pada saat ini lahan-lahan di Indonesia sudah mulai berkurang. Oleh karena itu pemerintah berusaha untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk Indonesia. Dengan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Program KRPL sendiri berusaha untuk memenuhi kebutuhan pangan dari tingkat paling dasar yaitu rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang implementasi konsep dan hasil implementasi KRPL di KWT Shinta Mina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif, yang mana peneliti terlibat langsung di lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan 3 cara yaitu dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan KWT Shinta Mina dalam melaksanakan konsep KRPL berdasarkan petunjuk teknis KRPL dengan modifikasi. Lima konsep tersebut yaitu pertama, pembuatan kebun bibit kelompok, konsep ini berfungsi sebagai penyedia bibit bagi anggota kelompok dan sebagai penjamin keberlanjutan program KRPL. Kedua, Adanya Demonstration Plot, hal ini berfungsi untuk memberi contoh kepada anggota kelompok cara memanfaatkan lahan pekarangan. Ketiga, Pemanfaatan lahan pekarangan untuk ditanami sayuran dan buah oleh anggota kelompok, hal ini berfungsi sebagai penyedia bahan pangan ditingkat rumah tangga. Ketiga konsep tersebut diterapkan sesuai dengan petunjuk teknis KRPL. Konsep keempat, pembuatan kebun sekolah, konsep ini sudah dilaksankan akan tetapi tidak berjalan sampai sekarang karena terkena bencan aalam dan tidak ada pengontrolan dari KWT Shinta Mina. Kebun sekolah berfungsi untuk memberikan edukasi bagi anak sekolah. Konsep kelima, yaitu pengolahan hasil tanaman. Dalam pelaksanaan konsep ini ada sedikit modifikasi yang dilakukan oleh KWT Shinta Mina yaitu membentuk anak kelompok khusus untuk pengolahan makanan yang diberinama Mina 12. Dari lima konsep tersebut meningkatkan kemandirian pangan ditingkat rumah tangga. Hasil dari implementasi konsep program KRPL ada empat indikator pertama, pengurangan belanja bahan dapur atau pengeluaran rumah tangga. Kedua, terdapat perkembangan jumlah produksi yang dijual dari hasil tanaman KRPL. Ketiga, terdapat jalinan kemitraan dengan pemerintah daerah, lembaga dan organisasi lain. Keempat, terjadi perkembangan rumah tangga yang melaksanakan KRPL. KWT Shinta Mina sudah memenuhi lima indikator tersebut. Oleh karena itu dapat dikatakan berhasil dalam melaksanakan program KRP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pajar Hatma Indra Jaya,. S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Mandiri Pangan, Implementasi Program, Rumah Pangan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Feb 2020 10:09
Last Modified: 11 Feb 2020 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum