KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS VII DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA

Muhammad Alfan Huda, NIM.12220093 (2019) KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS VII DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS VII DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
12220093_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS VII DI MTS ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
12220093_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (885kB)

Abstract

MUHAMMAD ALFAN HUDA (12220093), Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas VII di MTs Ali Maksum Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini mengingat bahwa para siswa kelas VII yang menempuh pendidikan di MTs Ali Maksum merupakan santri, yang sebagian besar jauh dari orangtua serta tempat tinggalnya. Sehingga para siswa memiliki kemungkinan besar mengalami kesulitan dalam penyesuaiaan sosial di ruang lingkupnya yang baru. Sebab para siswa harus kembali beradaptasi dengan situasi baru yang jauh berbeda dari situasi mereka di rumah. Para siswa diharapkan dapat menyesuaikan dengan segala aspek yang ada di lingkungan baru (teman,guru, mata pelajaran, dsb). Faktor tersebut jelas menjadi hambatan bagi siswa dalam menjalani aktivitasnya sehingga menganggu siswa dalam mengikuti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di MTs Ali Maksum. Setiap anak tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam penyesuaian sosialnya, sehingga hal tersebut akan menimbulkan problematika yang ditemukan oleh guru BK di MTs Ali Maksum. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK dan lima siswa kelas VII di MTs Ali Maksum. Sedangkan objeknya adalah langkah dan tahap pelaksanaan konseling kelompok yang dilakukan oleh guru BK tehadap siswa guna meningkatkan penyesuaian sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan konseling kelompok yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan penyesuaian sosial siswa kelas VII di MTs Ali Maksum Yogyakarta memiliki beberapa tahapan, yaitu: mengidentifikasi tujuan kelompok, mengorganisir kelompok, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap penutupan, evaluasi, tindak lanjut dan alih tangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2020 14:48
Last Modified: 12 Feb 2020 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum