BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI SISWA KELAS XI YANG BERBEDA AGAMA DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Nunung Muzalfah, NIM.14220021 (2019) BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI SISWA KELAS XI YANG BERBEDA AGAMA DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI SISWA KELAS XI YANG BERBEDA AGAMA DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
14220021_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI SISWA KELAS XI YANG BERBEDA AGAMA DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
14220021_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

NUNUNG MUZALFAH (14220021), Bimbingan Keagamaan Bagi Siswa Kelas XI yang Berbeda Agama di SMA Negeri 4 Yogyakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perbedaan norma atau nilai-nilai dasar kepercayaan dari agama di lingkungan sekolah umum yang penulis teliti yakni kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta. Keadaan ini dianggap rentan terhadap konflik atas dasar perbedaan tersebut diantara siswa kelas XI yang beragama Islam sebagai mayoritas dengan siswa yang beragama non muslim yang minoritas dalam interaksi sosialnya di lingkungan sekolah. Maka dari itu sangat perlu mencermati pemikiran keagamaan siswa yang muncul sebagai hasil dari konteks kepribadiannya dan mengingat kehadiran agama juga meruupakan fakta yang fundamental. Diperlukan penanganan dan pelayanan bimbingan keagamaan sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku siswa kelas XI untuk dapat menerima perbedaan agama. Alternatif ini juga menjadikan agama sebagai sumber penyelesaian persoalan hidup atas dasar dorongan keimanan, membantu siswa menentukan pilihan perubahan tingkah laku positif serta membimbing siswa dari segi rohani agar mereka bersedia mengamalkan ajaran agamanya. Sehingga timbul ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan, tercapainya kebahagiaan dunia dan akhirat. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan keagamaan bagi siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pelaksanaan bimbingan keagamaan bagi siswa kelas XI yang berbeda agama di SMA Negeri 4 Yogyakarta terdiri dari lima langkah yaitu langkah identifikasi, langkah diagnosis, langkah prognosis, langkah materi bimbingan keagamaan dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas. M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Berbeda Agama
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Feb 2020 14:50
Last Modified: 12 Feb 2020 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum