STRATEGI POSITIVE REINFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA SDIT YAA BUNAYYA YOGYAKARTA

Sri Herlina Emilia Jayanti, NIM 15220004 (2019) STRATEGI POSITIVE REINFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA SDIT YAA BUNAYYA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI POSITIVE REINFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA SDIT YAA BUNAYYA YOGYAKARTA)
15220004_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI POSITIVE REINFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA SDIT YAA BUNAYYA YOGYAKARTA)
15220004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB)

Abstract

SRI HERLINA EMILIA JAYANTI (15220004) Strategi Positive Reinforcement Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa SDIT Yaa Bunayya Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2019. Penelitian ini berupaya mengungkap cara meningkatkan motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an, salah satu strategi yang digunakan guru tahfizh qur’an SDIT Yaa Bunayya Yogyakarta dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada siswa adalah dengan penerapan positive reinforcement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang strategi pemberian positive reinforcment dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada siswa SDIT Yaa Bunayya Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, mengambil lokasi di SDIT Yaa Bunayya Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru tahfizh qur’an dan siswa. Objek pada penelitian ini adalah strategi pemberian positive reinforcement dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada siswa SDIT Yaa Bunayya Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemberian positive reinforcement dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada siswa SDIT Yaa Bunayya Yogyakarta, yaitu: pertama, memilih reinforcer yang efektif. Kedua, menjadikan reinforcer kontingen dan tepat waktu. Ketiga, menggunakan perjanjian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Positive reinforcement, Motivasi Menghafal Al-Qur’an.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:37
Last Modified: 13 Feb 2020 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35258

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum