LAYANAN KONSELING SYARI’E SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF PERCERAIAN DI PUSAT KAUNSELING MAJELIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN (PK MAINS) MALAYSIA

Afaaf Mauilaa, NIM 15220028 (2019) LAYANAN KONSELING SYARI’E SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF PERCERAIAN DI PUSAT KAUNSELING MAJELIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN (PK MAINS) MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN KONSELING SYARI’E SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF PERCERAIAN DI PUSAT KAUNSELING MAJELIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN (PK MAINS) MALAYSIA)
15220028_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (855kB) | Preview
[img] Text (LAYANAN KONSELING SYARI’E SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF PERCERAIAN DI PUSAT KAUNSELING MAJELIS AGAMA ISLAM NEGERI SEMBILAN (PK MAINS) MALAYSIA)
15220028_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

AFAAF MAUILAA (15220028). Layanan Konseling Syari’e sebagai Tindakan Preventif Perceraian di Pusat Kaunseling Majelis Agama Islam Negeri Sembilan (PK MAINS) Malaysia. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus perceraian yang terjadi baik di dalam maupun di luar negeri. Malaysia merupakan negara maju dengan tingkat perceraian yang cukup tinggi. Kondisi ini tentu membutuhkan perhatian dan upaya yang lebih, salah satunya dengan adanya konseling syari’e. Masyarakat di Malaysia sudah tidak asing dengan konseling, sehingga dapat mengembangkan konseling dalam ranah masalah kehidupan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan layanan konseling syari’e sebagai preventif perceraian di PK MAINS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan layanan konseling syari’e sebagai tindakan preventif perceraian di PK MAINS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah konselor yang pernah melakukan konseling syari’e di PK MAINS dan objek penelitian adalah penerapan layanan konseling syari’e sebagai tindakan preventif perceraian di Pusat kaunseling MAINS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling syari’e sebagai tindakan preventif perceraian di PK MAINS sudah diterapkan dengan baik, melalui beberapa cara, yaitu membangun ikatan religius, membangun pola pikir, melatih diri atau riadhah, membiasakan bersosialisasi, melakukan pencegahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konseling Syari’e, Tindakan Preventif Perceraian, Pusat Kaunseling MAINS
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:38
Last Modified: 13 Feb 2020 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum