PERAN KONSELOR DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA DI BAHAGIAN KAUNSELING UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA

Nur Inayah, NIM 15220033 (2019) PERAN KONSELOR DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA DI BAHAGIAN KAUNSELING UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KONSELOR DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA DI BAHAGIAN KAUNSELING UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA)
15220033_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KONSELOR DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA DI BAHAGIAN KAUNSELING UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA)
15220033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (921kB)

Abstract

NUR INAYAH, 15220033, Peran Konselor dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Mahasiswa di Bahagian Kaunseling Universiti Putra Malaysia. Prodi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018. Latar belakang penyusunan penelitian ini adalah karena penelitian di luar negeri sehingga penulis ingin meneliti bagaimana interaksi sosial mahasiswa di sana dan ternyata banyak mahasiswa yang memiliki kasus kesulitan melakukan interaksi sosial. Sehingga penulis memutuskan untuk melakukan penelitian di Bahagian Kaunseling Universiti Putra Malaysia sebagai pusat konseling yang berada di bawah naungan universitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk-bentuk fungsi konselor dalam meningkatkan interaksi sosial mahasiswa yang mendapatkan sesi konseling di Bahagian Kaunseling Universiti Putra Malaysia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah wakil ketua Bahagian Kaunseling Universiti Putra Malaysia, 2 orang konselor, dan 3 orang klien. Sedangkan obyek penelitian adalah fungsi konselor di Bahagian Kaunseling Universiti Putra Malaysia. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat bentuk-bentuk fungsi konselor dalam meningkatkan interaksi sosial mahasiswa di Bahagian Kaunseling Universiti Putra Malaysia adalah pertama, konselor berfungsi sebagai perencana program bimbingan dan konseling yang membuat program tahunan, bulanan, maupun mingguan. Kedua, konselor berfungsi sebagai administrator bimbingan yaitu mendata klien secara lengkap selama proses konseling. Ketiga, konselor berfungsi sebagai penasehat yaitu dengan memberikan nasehat sesuai kebutuhan klien. Keempat, konselor berfungsi sebagai tester yaitu dengan melakukan tes-tes kepribadian. Kelima, konselor berfungsi sebagai partner klien dalam membantu memecahkan masalah dengan memberikan kenyamanan kepada klien. Dan keenam, konselor berfungsi sebagai fasilitator dan reflektor yaitu menfasilitasi segala kebutuhan selama konseling dan mampu memantulkan kembali perasaan klien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Konselor dan Interaksi Sosial.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:38
Last Modified: 13 Feb 2020 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum