KONSELING PERKAWINAN SEBAGAI UPAYA REHABILITASI SOSIAL PADA ISTRI YANG MENGALAMI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA

Mekha Eka Sari, NIM 15220089 (2019) KONSELING PERKAWINAN SEBAGAI UPAYA REHABILITASI SOSIAL PADA ISTRI YANG MENGALAMI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING PERKAWINAN SEBAGAI UPAYA REHABILITASI SOSIAL PADA ISTRI YANG MENGALAMI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA)
15220089_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSELING PERKAWINAN SEBAGAI UPAYA REHABILITASI SOSIAL PADA ISTRI YANG MENGALAMI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA)
15220089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (624kB)

Abstract

MEKHA EKA SARI (15220089). Konseling Perkawinan sebagai Upaya Rehabilitasi Sosial pada Istri yang Mengalami Kekerasan dalam Rumah Tangga di P2TPA KK Rekso Dyah Utami Yogyakarta: Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Salah satu masalah yang terjadi hingga saat ini masih berkembangya kekerasan yang kebanyakan dilakukan oleh suami dan korbanya istri. Namun di Yogyakarta angka KDRT selama tiga tahun terakhir mengalami penurunan. Tetapi pemerintah tetap berupaya memberikan penanganan terhadap korban KDRT seperti di lembaga P2TPA KK Rekso Dyah Utami. Upaya yang dilakukan dengan konseling yang komperhensif, karena beragam situasi akan terjadi saat konseling dari pihak suami dan istri. Konselor dituntut mempunyai landasan yang kuat dan keterampilan konseling yang baik untuk menentukan keberhasilan setiap konseling. Maka penulis ingin mendalami langkah konseling perkawinan sebagai upaya rehabillitasi sosial pada istri yang mengalami KDRT di P2TPA KK Rekso Dyah Utami Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif melalui sifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yaitu dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam, pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan terhadap langkah konseling perkawinan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konseling perkawinan sebagai upaya rehabilitasi sosial pada istri yang mengalami KDRT di P2TPA KK Rekso Dyah Utami awalnya berupa identifikasi kasus dalam layanan pengaduan dan identifikasi. Selanjutnya melakukan langkah konseling perkawinan meliputi tahap persiapan, tahap keterlobatan, tahap pemahaman masalah, tahap konferensi, tahap interaksi dan tahap akhir serta tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Rifa’i, MA.
Uncontrolled Keywords: Konseling Perkawinan, Rehabilitasi Sosial, Istri mengalami KDRT
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:44
Last Modified: 13 Feb 2020 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum