STRATEGI PEMASARAN PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Aji Indriyani Nur Malasari, NIM 15240041 (2019) STRATEGI PEMASARAN PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15240041_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15240041_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (697kB)

Abstract

Aji Indriyani Nur Malasari, 15240041, Strategi Pemasaran pada Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latar belakang dari penelitian ini adalah tidak stabilnya penghimpunan dana zakat dan infaq yang diperoleh LAZISMU Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari laporan keuangan LAZISMU DIY dalam waktu tiga tahun terakhir. Adapun dana zakat tahun 2016 sebesar Rp. 44.042.000.00, tahun 2017 sebesar Rp. 121.888.439.00, dan tahun 2018 sebesar Rp. 71.651.160.00., sedangkan dana infaq tahun 2016 sebesar Rp. 38.464.812.20, tahun 2017 sebesar Rp. 245.977.596.00, dan tahun 2018 sebesar Rp. 157.081.930.00,. Mengingat angka penghimpunan tersebut, maka LAZISMU Daerah Istimewa Yogyakarta perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk meyakinkan dan membangkitkan kesadaran tentang nilai aktivitasnya agar masyarakat bersedia mendukung khususnya mengenai dana. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran pada Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Ketua Badan Pengurus, Staf Eksekutif bidang Fundrising/ Penghimpunan serta Staf Eksekutif bidang Administrasi dan Keuangan. Objek penelitian ini adalah Strategi Pemasaran pada LAZISMU Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran menggunakan proses STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Proses segmenting dilakukan dengan cara melihat beberapa aspek antara lain geografis, demografis, psikografis, perilaku dan individual segmen. Proses targeting menentukan segmen-segmen pasar yang potensial seperti lembaga/ instansi baik itu AUM atau Non AUM, pengusaha, siswa-siswi serta para pimpinan Muhammadiyah. Proses positioning dilakukan dengan cara menjalin silaturahmi dan komunikasi, memberikan kesempatan untuk berpartisipasi langsung serta memposisikan dirinya melalui program-program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Nurmahni, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, LAZISMU
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Feb 2020 09:48
Last Modified: 14 Feb 2020 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35279

Actions (login required)

View Item View Item