ANALISIS BEBAN KERJA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH (PHU) KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2018

SITI CHOTIMAH, NIM 15240047 (2019) ANALISIS BEBAN KERJA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH (PHU) KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BEBAN KERJA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH (PHU) KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2018)
15240047_BAB I_BAB IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BEBAN KERJA SEBAGAI DASAR PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH (PHU) KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2018)
15240047_BAB II_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (886kB)

Abstract

Siti Chotimah, NIM 15240047, Analisis Beban Kerja Sebagai Dasar Perencanaan Sumber Daya Manusia di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Tahun 2018, Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta memiliki 6 pegawai, yaitu 1 kepala seksi dan 5 staf PHU. Pada proses pelayanan pendaftaran calon jamaah haji di PHU tidak memiliki pegawai tetap, sehingga semua pegawai memiliki tugas untuk melakukan pelayanan pada pendaftaran calon jamaah haji. Adanya kekurangan pegawai tersebut dapat diketahui dengan menganalisis beban kerja dengan menggunakan metode Full Time Equivalent berdasarkan aktivitas unit kerja. Analisis beban kerja bertujuan untuk mengetahui gap antara pegawai yang ada dengan pegawai yang dibutuhkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana analisis beban kerja sebagai dasar perencanaan sumber daya manusia di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta tahun 2018 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil dari analisis beban kerja pegawai pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta tahun 2018. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan dan menguraikan data secara sistematik dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek xi dalam penelitian ini adalah Analis Kepegawaian, Kepala Seksi PHU, dan Staf PHU. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDM yang berada di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta mengalami gap (kekurangan SDM untuk melakukan aktivitas pelayanan) sebanyak 2 SDM. Untuk mengatasi kekurangan SDM dilakukan perencanaan alternatif, diantaranya dengan cara optimalisasi SDM, pembagian kerja, menjaga kesejahteraan PNS, dan membuka lowongan magang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja, Perencanaan SDM, Kementerian Agama Kota Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Feb 2020 09:49
Last Modified: 14 Feb 2020 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum