PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KETERAMPILAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BAYAN MINGGIR SLEMAN

Hasti Widayati, NIM 15240054 (2019) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KETERAMPILAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BAYAN MINGGIR SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KETERAMPILAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BAYAN MINGGIR SLEMAN)
15240054_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KETERAMPILAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BAYAN MINGGIR SLEMAN)
15240054_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hasti Widayati (15240054). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Keterampilan Pada Santri Pondok Pesantren Al-Bayan Minggir Sleman. Skripsi. Manajemen Dakwah. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Pengembangan sumber daya manusia merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah lembaga atau organisasi. Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut dapat dilakukan dengan cara pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan sumber daya manusia dapat dilakukan dengan berbagai metode, salah satu metode tersebut adalah keterampilan. Sebagaimana dengan Pondok Pesantren Al-Bayan Minggir Sleman sebagai lembaga yang berfokus pada anak yatim, piatu dan duafa ini menekankan pada pengembangan santri melalui keterampilan. Pemilihan metode keterampilan dalam pengembangan di Pondok Pesantren Al-Bayan Minggir Sleman ini untuk membekali keterampilan pada santrinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan pondok pesantren, pengasuh atau ustadz / ustadzah, serta santri dengan jenjang kelas XI dan XII PKBM Paket C atau setara SMA. Obyek dalam penelitian ini adalah pengembangan sumber daya manusia berbasis keterampilan di Pondok Pesantren Al-Bayan Minggir Sleman. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa pengembangan sumber daya manusia berbasis keterampilan yang diterapkan Pondok Pesantren Al-Bayan Minggir Sleman dilakukan dengan beberapa tahapan yakni, penentuan kebutuhan, penentuan sasaran, penetapan isi program, prinsip-prinsip belajar, pelaksanaan program dan yang terakhir adalah penilaian pelaksanaan program yang dilakukan setelah kegiatan berlangsung dan tidak ada evaluasi secara terstruktur dari pondok pesantren untuk program ini. Dalam pelaksanaannya terdapat 4 program pengembangan sumber daya manusia berbasis keterampilan yang diajarkan kepada santri putra adalah pengelolaan sampah, perikanan, pertukangan (pengelolaan kayu) dan perbengkelan. Sedangkan program yang diajarkan kepada santri putri adalah pengelolaan sampah, menjahit, kerajinan tangan dan memasak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pengembangan, sumber daya manusia, keterampilan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Feb 2020 09:51
Last Modified: 14 Feb 2020 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35284

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum