PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Afiati Handayu Diyah Fitriyani, - (2014) PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. In: PROSIDING 1st National-Research Symposium Universitas Negeri Malang Kontribusi Hasil-Renelitian Untuk Peningkatan Kualitas SDM. Universitas Negeri Malang d/h IKIP Malang, Anggota IKAPI No. 059/JTI/89, Malang, pp. 297-304. ISBN 978-979-495-751-6

[img]
Preview
Text (PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
Afiati - cover Prosiding NRS UM 2014.pdf.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
Afiati - Prosiding NRS UM 2014.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penggunaan bahasa Indonesia, kendala yang dihadapi, dan upaya untuk mengatasi kendala tersebut pada mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam peneiitian ini ada tiga jenis, yaitu (1) tempat dan peristiwa adalah Fakultas Adab dan Ilmu Budaya dan pembelajaran; (2) informan adalah mahasiswa; dan dokumen adalah rekaman hasil wawancara. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling bertujuan yang bersifat selektif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk memperoleh data-data kegiatan pembelajaran dan wawancara digunakan untuk menggali informasi kepada bforrnan. Data-data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif, meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Berdasarkan hasil penetian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga menggunakan bahasa Indonesia di kampus jika berinteraksi dengan tenaga pendidik (dosen), tenaga kependidikan (pegawai), dan dalam forum organisasi kemahasiswaan serta lebih senang berbahasa Jawa daripada bahasa Indonesia. Kendala yang dihadapi, yaitu mahasiswa kurang mendapat dukungan dari lingkungan sekitar untuk menggunakan bahasa Indonesia dan kurang mempunyai nilai positif terhadap bahasa Indonesia. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah mahasiswa menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi dimanapun berada dan selalu menggunakan kata serapan dalam bahasa Indonesia.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: bahasa Indonesia, mahasiswa
Subjects: Prosiding (Proceeding)
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jun 2019 01:38
Last Modified: 27 Jun 2019 01:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35290

Actions (login required)

View Item View Item