HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @remaja.islami DENGAN SIKAP BERBUSANA MUSLIM PADA MAHASISWI PGSD UST YOGYAKARTA ANGKATAN 2016

Ika Nur Vitaliya, NIM 15210077 (2019) HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @remaja.islami DENGAN SIKAP BERBUSANA MUSLIM PADA MAHASISWI PGSD UST YOGYAKARTA ANGKATAN 2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text
15210077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
15210077_BAB-I-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial dengan pegguna aktif yaitu perempuan dengan retan usia 18-24 tahun atau usia mahasiswi. Beragam postingan foto ataupun video dengan beragam konten dapat di unggah melalui akun instagram. Terdapat salah satu akun instagram yang digunakan sebagai media dakwah islam yang memiliki 2,2 juta pengikut pada awal bulan Januari 2019. Dengan nama akun instagram @remaja.islami yang lebih memprioritaskan kalangan anak muda sebagai sasaran dakwahnya. Beberapa mahasiswi Jurusan PGSD, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta khususunya angkatan 2016 banyak yang mengakses akun instagram tersebut. Yang notabenenya kampus tersebut merupakan salah satu institusi pendidikan dengan latar belakang pendidikan umum. Di lain sisi, cara berpakaian atau berpenampilan bagi seorang guru nantinya akan dijadikan sebagai acuan anak didiknya dalam berbusana juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara intensitas mengakses akun instagram @remaja.islami dengan sikap berbusana muslim mahasiswi PGSD UST Yogyakarta angkatan 2016. Berdasarkan hasil pengumpulan data, akun instagram @remaja.islami yang diikuti oleh 2,2 juta akun, terdapat 200 mahasiswi jurusan tersebut pernah mengakses akun instagram @remaja.islami. Sehingga, peneliti menjadikan mahasiswi PGSD UST Yogyakarta angkatan 2016 sebagai objek dengan alasan latar belakang pendidikan umum dan cara berbusana muslim yang dikenakan, karena instagram digunakan sebagai salah satu alternatif dakwah islam di jaman milenial ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi dimana instrumen penelitianya menggunakan kuesioner. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori efek media massa dan teori SOR atau Stimulus Organism Response oleh Hovland, yang memiliki tiga unsur yaitu pesan, komunikan dan respon atau tanggapan. Teori tersebut merupakan proses aksi dan reaksi yang menghasilkan tanggapan pada komunikan setelah mendapatkan pesan. Efek tersebut berupa afektif, kognitif dan behavioral. Uji validitas dan reliabilitas dalam peneitian ini menggunakan rumus alpha cronbach. Dan jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 200 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus milik Slovin, sehingga mendapat sampel 67 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis nonparametric dengan rumus Chi Square dan koefisien kontingensi, dalam penghitungannya menggunakan bantuan SPSS versi 15. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa intensitas mahasiswi dalam mengakses akun instagram @remaja.islami dengan perilaku berbusana muslimnya memiliki hubungan yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Intensitas Mengakses, Sikap Berbusana Muslim
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jun 2019 13:59
Last Modified: 04 Aug 2023 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum