IMPLEMENTASI MUATAN LOKAL BATIK DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SDN MARGOYASAN YOGYAKARTA

Wahyu Hidayati, NIM. 14480057 (2019) IMPLEMENTASI MUATAN LOKAL BATIK DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SDN MARGOYASAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (IMPLEMENTASI MUATAN LOKAL BATIK DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SDN MARGOYASAN YOGYAKARTA)
14480057_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MUATAN LOKAL BATIK DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SDN MARGOYASAN YOGYAKARTA)
14480057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menciptakan manusia yang berakal dan berbudi luhur bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan suatu usaha bersama dan upaya-upaya tertentu untuk mewujudkannya. Latar belakang penelitian ini adalah belum maksimalnya Pendidikan Indonesia dalam menjalankan fungsinya. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya penyimpangan-penyimpangan sosial yang terjadi di Indonesia. Penyimpangan-penyimpangan tersebut menjadi salah satu bukti degradasi moral yang dialamai oleh bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, Pendidikan karakter harus terus digalakkan dan dikembangkan dalam pelaksanaanya. Melalui Perda DIY No. 5 Tahun 2008 tentang Sistem Penyelenggaraan Pendidikan, Kepala Sekolah SDN Margoyasan mengimplementasikan muatan lokal batik sebagai salah satu upaya pendidikan karakter di sekolah. Kebijakan ini diambil karena dalam kesenian membuat batik terdapat nilai-nilai budi pekerti yang patut untuk diajarkan kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengungkapkan bagaimana implementasi muatan lokal batik di kelas V (lima) SDN Margoyasan Yogyakarta, dan (2) apa saja karakter yang dikembangkan dalam muatan lokal batik di kelas V (lima) SDN Margoyasan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian untuk mendapatkan gambaran atau deskripsi tentang implementasi muatan lokal batik dalam pengembangan karakter peserta didik kelas V (lima) SDN Margoyasan Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru pengampu muatan lokal batik, dan peserta didik kelas V (lima) SDN Margoyasan Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan implementasi muatan lokal batik di kelas V (lima) SDN Margoyasan Yogyakarta meliputi: tujuan pembelajaran muatan lokal batik di kelas V (lima) SDN Margoyasan Yogyakarta, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran muatan lokal batik di kelas V (lima) SDN Margoyasan Yogyakarta. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan melalui kegiatan muatan lokal batik di kelas V (lima) SDN Margoyasan yaitu nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, dan nilai cinta tanah air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sedya Santosa, S. S., M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Muatan Lokal Batik, Pengembangan Karakter.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Feb 2020 10:17
Last Modified: 14 Feb 2020 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum