STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL

Nur Ikhsan, NIM.: 14480138 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL)
14480138_BAB I_ V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN IKLIM KELAS YANG KONDUSIF DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN BANGUNTAPAN BANTUL)
14480138_BAB II_III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi guru dalam menumbuhkan iklim kelas yang kondusif di SDIT Salsabila Al Muthi’in Banguntapan Bantul. (2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat strategi guru dalam menumbuhkan iklim kelas yang di SDIT Salsabila Al Muthi’in Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian guru kelas II B, kepala sekolah SDIT Salsabila Al Muthi’in, dan peserta didik kelas II B di SDIT Salsabila Al Muthi’in. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data ini menggunakan triangulasi teknik. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi guru dalam menumbuhkan iklim kelas yang kondusif yaitu dengan: (a) pengaturan tempat duduk, (b) mengatur ventilasi dan pengaturan cahaya, (c) mengatur penyimpanan barang, (d) menciptakan kelas yang bersih dan indah, (e) meningkatkan kesadaran diri sebagai guru dan siswa, (f) membina iklim sosio-emosional yang baik di kelas, (g) membina iklim sosial kelas yang baik, dan (h) menggunakan pendekatan perubahan tingkah laku. Faktor pendukung strategi guru dalam menumbuhkan iklim kelas yang kondusif yaitu: (a) lingkungan di dalam kelas, (b) lingkungan sekitar kelas. Faktor penghambat strategi guru dalam menumbuhkan iklim kelas yang kondusif yaitu: (a) faktor guru yang kurang persiapan dalam mengajar, (b) peserta didik yang tidak siap mengikuti pembelajaran, (c) fasilitas yang masih kurang seperti LCD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi guru, iklim kelas yang kondusif.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 01 Jul 2019 09:33
Last Modified: 01 Jul 2019 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35347

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum