STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI MELALUI PEMBUATAN DETERJEN DI PONDOK PESANTREN AL AKHLAKUL KARIMAH BUDI MULYO KALIAGUNG SENTOLO KULONPROGO

Durotun Faridah, NIM. 12230031 (2018) STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI MELALUI PEMBUATAN DETERJEN DI PONDOK PESANTREN AL AKHLAKUL KARIMAH BUDI MULYO KALIAGUNG SENTOLO KULONPROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI MELALUI PEMBUATAN DETERJEN DI PONDOK PESANTREN AL AKHLAKUL KARIMAH BUDI MULYO KALIAGUNG SENTOLO KULONPROGO)
12230031_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI MELALUI PEMBUATAN DETERJEN DI PONDOK PESANTREN AL AKHLAKUL KARIMAH BUDI MULYO KALIAGUNG SENTOLO KULONPROGO)
12230031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (286kB)

Abstract

banyak pondok pesantren yang mengajarkan kepada santri-santrinya untuk berwirausaha. Melihat masih maraknya kemiskinan dan pengangguran. Penekanan pada bidang keterampilan dalam pesantren semakin dituntut. Ada beberapa pondok pesantren di Indonesi yang memberdayakan ekonomi santrinya, salah satunya Pondok Pesantren Al Akhlakul Karimah Budi Mulyo. Pondok pesantren ini tidak hanya mengajarkan ilmu agama tetapi santri juga diajarkan untuk berwirausha. Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan strategi pemberdayaan ekonomi santri di pondok pesantren Al Akhlakul Karimah Budi Mulyo. Kedua, mengkaji dampak pemberdayaan ekonomi bagi santri di pondok pesantren Al Akhlakul Karimah Budi Mulyo. Pendekan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan dan menggambarkan hal-hal atau data-data yang bertujuan untuk mengungkap fakta yang ada di lapangan secara sistematik. Untuk metode pengumpulann data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode penentuan informan peneliti menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Dimana pertimbangan tertentu ini adalah orang tersebut dianggap paling mengetahui tentang apa yang peneliti harapkan. Hasil dari penelitian ini menujuk bahwa strategi pemberdayaan ekonomi santri di pondok pesantren Al Akhlakul Karimah Budi Mulyo pertama, Membangun Etos Kerja dalam diri santri dengan cara selalu memberikan motifasi untuk membangun semangat kerja mereka. Kedua, Meningkatkan Pengetahuan dan Potensi yang dimiliki santri dengan cara meberikan pendidikan dasar kewirausahaan , meyediakan sarana dan prasarana dan mengfasilitasa mereka dalam kegiatan kewirausahaan. Ketiga, Memberikan Kesempatan yang sama untuk Berwirausha. Keempat, membangun Jaringan Kerjasama dengan berbagai pihak dimulai dengan mebanagun kerjasama dengan masyarakat, sekolah, dan lembaga pemerintah. Sedangkan dampak pemberdayaan ekonomi bagi santri, pertama, pemenuhan Kebutuhan Dasar. Kedua, santri mampu menjalin kerjasama dengan Relasi Usaha, relisi usaha ada yang dari internal dan eksternal. Relasi internal meliputi pengasuh dan pengurus yang ikut andil dalam kegiatan kewirausahaan, sedangkan relasi eksternal yakni masyarakat sekitar dan sekolahsekolah, instansi pemerintah dan pondok pesantren, Ketiga, Partisipasi dalam proses pengembangan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Fajrul Munawir. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemberdayaan Ekonomi, Pondok Pesantren.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jul 2019 08:19
Last Modified: 02 Jul 2019 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35357

Actions (login required)

View Item View Item