PENGARUH MASUKNYA PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) NON PROSEDURAL DI MALAYSIA TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN KELUARGA DI KABUPATEN KARIMUN

Rizki Zuriati, NIM. 14230053 (2018) PENGARUH MASUKNYA PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) NON PROSEDURAL DI MALAYSIA TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN KELUARGA DI KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MASUKNYA PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) NON PROSEDURAL DI MALAYSIA TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN KELUARGA DI KABUPATEN KARIMUN)
14230053_BAB I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MASUKNYA PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) NON PROSEDURAL DI MALAYSIA TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN KELUARGA DI KABUPATEN KARIMUN)
14230053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara masuknya TKI ilegal ke Malaysia dan dampak bekerjanya terhadap peningkatan perekonomian keluarga para PMI non prosedural tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan teknik penentuan informannya menggunakan metode purposive sampling dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu. Proses mengumpulkan data untuk penelitan ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian melakukan validasi data dengan metode triangulasi sumber dan datanya. Dan selanjutnya adalah bagian analisis data yaitu dengan proses reduksi data, penyajian, dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa proses masuknya setiap warga Kabupaten Karimun yang bekerja di Malaysia menggunakan paspor pelancong, dan membayar uang guarantee kepada pihak petugas sesuai dengan jenis pekerjaan yang didapati di Malaysia, sedangkan dampak dari masuknya TKI ilegal atau PMI non prosedural ke Malaysia terhadap peningkatan perekonomian keluarganya adalah bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mampu membuat ekonomi keluarga berkecukupan. Namun, sesuai dengan UU no 18 tahun 2017 tentang Pekerja Migran Indonesia, hal ini sudah melanggar aturan, namun harus dilihat juga konskuensinya bagaimana, sebab dampak positif dalam hal ini lebih besar dibandingkan dengan dampak negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: TKI ilegal, Peningkatan Perekonomian, Kabupaten Karimun
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jul 2019 08:43
Last Modified: 02 Jul 2019 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35361

Actions (login required)

View Item View Item