FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PROFIT DISTRIBUTION MANAGEMENT SIMPANAN DEPOSAN BANK UMUM SYARI’AH DI INDONESIA (PERIODE 2015-2017)

ATIKA ZARASAKTI, NIM. 13390041 (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PROFIT DISTRIBUTION MANAGEMENT SIMPANAN DEPOSAN BANK UMUM SYARI’AH DI INDONESIA (PERIODE 2015-2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PROFIT DISTRIBUTION MANAGEMENT SIMPANAN DEPOSAN BANK UMUM SYARI’AH DI INDONESIA (PERIODE 2015-2017))
13390041_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PROFIT DISTRIBUTION MANAGEMENT SIMPANAN DEPOSAN BANK UMUM SYARI’AH DI INDONESIA (PERIODE 2015-2017))
13390041_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keuntungan bukan hanya menjadi tujuan dalam sebuah lembaga keuangan akan tetapi juga bagi nasabah. Nasabah menginginkan keuntungan ketika mereka memasukkan dana ke bank. Sedangkan bank membutuhkan nasabah dalam kegiatan operasionalnya. Manajemen bank syari’ah mengatur sistem distribusi bagi hasil untuk nasabah agar para nasabah tertarik untuk menyimpan dananya ke bank. Akan tetapi, bagaimana proses memperoleh keuntungan tersebut agar sesuai dengan syari’at. Hal ini sesuai dengan teori stakeholder yang mendasari dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel kecukupan modal (CAR), proporsi dana pihak ketiga (PDPK), ukuran perusahaan (Size), tingkat inflasi (IR), dan net Imbalan (NI) berpengaruh terhadap profit distribution management (PDM). Data penelitian diperoleh melalui metode purposive sampling dengan menggunakan Laporan Keuangan Triwulanan 11 Bank Umum Syari’ah yang ada di Indonesia selama tahun 2015-2017. Metode analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Analisis Regresi Data Panel dengan menggunakan data time series dan cross section. Hasil penelitian ini menunjukkan hanya terdapat satu variabel yang berpengaruh signifikan yaitu kecukupan modal (CAR) yang berpengaruh negatif signifikan terhadap PDM dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,284775 dan nilai probabilitas sebesar 0,0000. Sedangkan variabel lain seperti proporsi dana pihak ketiga (PDPK), ukuran perusahaan (Size), tingkat inflasi (IR) dan net imbalan tidak berpengaruh signifikan terhadap PDM. Hal ini dikarenakan dalam penentuan PDM didasarkan pada jenis produk penghimpunan dana yang berbedabeda bagi setiap bank dan terdapat beberapa bank yang memiliki ROA bernilai negatif sehingga besar PDM meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, S.E., M.Si., Ak, CA.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Profit Distribution Management, Kecukupan Modal, Proporsi Dana Pihak Ketiga, Ukuran Perusahaan, Tingkat Inflasi, dan Net Imbalan,.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jul 2019 09:09
Last Modified: 02 Jul 2019 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum