ANALISIS FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN LINDUNG NILAI (HEDGING) PADA INSTRUMENT DERIVATIF VALUTA ASING (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di ISSI Periode 2012-2017)

FUDZI HANAFI, NIM. 14830053 (2018) ANALISIS FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN LINDUNG NILAI (HEDGING) PADA INSTRUMENT DERIVATIF VALUTA ASING (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di ISSI Periode 2012-2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN LINDUNG NILAI (HEDGING) PADA INSTRUMENT DERIVATIF VALUTA ASING (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di ISSI Periode 2012-2017))
14830053_BAB I, V, DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN LINDUNG NILAI (HEDGING) PADA INSTRUMENT DERIVATIF VALUTA ASING (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di ISSI Periode 2012-2017))
14830053_BAB II,III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (824kB)

Abstract

Lindung nilai merupakan salah satu alternatif dari manajemen resiko untuk melidungi aset yang dimiliki perusahaan dari kerugian yang diakibatkan oleh resiko yang terjadi. Lindung Nilai dengan menggunakan instrumen derivatif merupakan cara yang biasa digunakan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruah variabel-variabel independen yaitu growth opportunity , leverage, firm size dan fincancial distress terhadap keputusan lindung nilai. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan dari 26 perusahan pertambangan yang terdaftar di ISSI periode 2012 sampai dengan 2017. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan ketentuan perusahaan yang menerbitkan laporan keuangannya secara lengkap. Analisis data menggunakan uji regresi logistik karena data yang digunakan bersifat metrik dan non metric yang diuji melalui alat bantu aplikasi yaitu SPPS 19. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa growth opportunity dan firm size berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Lindung Nilai, sedangkan untuk varibabel leverage dan fincancial distress berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan lindung nilai. Dari hasil logistik menemukan bahwa variabel growth opportunity , leverage, firm size dan fincancial distress dapat menjelaskan terhadap keputusan lindung nilai sebesar 37,5% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: H. M. Yazid Affandi, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Lindung Nilai, growth opportunity , leverage, firm size, fincancial distress Regresi Logistik.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jul 2019 09:28
Last Modified: 02 Jul 2019 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35368

Actions (login required)

View Item View Item