PENGARUH MINAT, PENDAPATAN, MANFAAT, DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN E-MONEY SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

NURAINI ULFAH, NIM. 14830075 (2018) PENGARUH MINAT, PENDAPATAN, MANFAAT, DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN E-MONEY SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MINAT, PENDAPATAN, MANFAAT, DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN E-MONEY SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14830075_BAB-I, V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MINAT, PENDAPATAN, MANFAAT, DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN E-MONEY SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14830075_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (971kB)

Abstract

Secara umum jenis alat pembayaran yang digunakan dalam sistem pembayaran dapat diklasifikasikan menjadi 2 (dua), yaitu alat pembayaran tunai (uang kartal) dan non tunai (sarana pembayaran menggunakan media kertas, sarana pembayaran menggunakan media kartu, dan sarana pembayaran elektronik atau uang elektronik). Pada masa mendatang, alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan uang elektronik ini diyakini akan semakin meluas penggunaannya di tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan menggunakan e-Money syariah dengan menggunakan variabel independen minat, pendapatan, manfaat, dan risiko. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang dipakai adalah data primer yang diambil dengan menggunakan kuisioner dan menggunakan metode purposive sampling. Objek pada penelitian ini adalah masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta yang menggunakan e-Money syariah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Uji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan uji t-statistik dan F-statistik dengan nilai signifikansi 5%. Dilakukan pula uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variable minat dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan, sedangkan variabel manfaat dan risiko tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan. Selanjutnya, secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara variabel minat, pendapatan, manfaat, dan risiko terhadap keputusan menggunakan e-Money syariah. Pengaruh variabel minat, pendapatan, manfaat, dan risiko terhadap keputusan menggunakan e-Money syariah adalah sebesar 58.6%, sedangkan sisanya sebesar 41.4% dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibi Satibi, S.H.I, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: E-Money, Keputusan menggunakan, Minat, Pendapatan, Manfaat, Risiko.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jul 2019 09:40
Last Modified: 02 Jul 2019 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35370

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum