PENDIDIKAN KADER MUBALLIGH DI PONDOK PESANTREN TAKWINUL MUBALLIGHIN CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA (Tinjauan Materi dan Metode)

Downloads

Downloads per month over past year

TUGIYANTO - NIM. 03410199, (2010) PENDIDIKAN KADER MUBALLIGH DI PONDOK PESANTREN TAKWINUL MUBALLIGHIN CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA (Tinjauan Materi dan Metode). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENDIDIKAN KADER MUBALLIGH DI PONDOK PESANTREN TAKWINUL MUBALLIGHIN CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA (Tinjauan Materi dan Metode))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (591Kb)
[img] Text (PENDIDIKAN KADER MUBALLIGH DI PONDOK PESANTREN TAKWINUL MUBALLIGHIN CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA (Tinjauan Materi dan Metode))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (244Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang materi yang diajarkan dalam pendidikan kader muballigh di Pondok Pesantren Takwinul Muballighin Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta dan metode yang digunakan dalam pembelajarannya serta faktor yang mendukung dalam proses pembelajaraanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Pondok Pesantren Takwinul Muballighin Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Materi yang diajarkan di Pondok Pesantren Takwinul Muballighin Condongcatur Depok Yogyakarta sangat beragam dan dalam menentukan materi yang akan diajarkan mengacu pada landasan dasar dan tujuan Pondok Pesantren didirikan. Adapun materi yang diajarkan di PPTM adalah: Aqidah, Ushul Fiqh, Fiqh, Bahasa Arab, Kristologi Islam, Sosiologi Dakwah, Syakhsiyah Islamiyah, Problematika Umat, Ghozwul Fikri, Leadership dan management, Kapita Selekta Dakwah dan Retorika Dakwah. 2) Metode yang digunakan dalam proses pembelajarannya sangat berfariasi disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan serta sesuai dengan kemampuan ustadz dalam menggunakan setiap metode pembelajaran. Adapun metode yang digunakan dalam pembelajarannya antara lain: metode ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi, latihan, dan demontrasi. 3) Faktor yang mendukung didalam proses pembelajarannya antara lain: a) para pengajar di PPTM memiliki kualitas yang baik dan berpengalaman di dalam dunia pendidikan dan dakwah. b) adanya sarana dan prasarana yang memadai sehingga membantu dan mempermudah pengajar dalam melakukan proses pembelajaran. c) lingkungan yang nyaman karena berada ditengah-tengah perkampungan sehingga dalam proses pembelajaran akan berjalan dengan tenang. d) Komunikasi dan interaksi antara ustadz dengan santri terjalin dengan baik. Sedangkan faktor yang menghambat dalam pendidikannya adalah: a) Kurikulum belum bisa direalisasaikan secara optimal. b) Waktu dan masa belajar santri terlalu singkat sehingga tidak semua isi materi pendidikan bisa diajarkan. c) Kondisi keuangan pondok yang masih minim sehingga upaya pondok untuk meningkatkan dan menambah sarana dan prasarana menjadi terhambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: materi, metode, kader Muballighin
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 14:54
Last Modified: 27 Aug 2012 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item View Item