PENGAJARAN NAHWU DENGAN MENGGUNAKAN KITAB AN-NAHWU AL-WADIH DI KELAS I'DADIYAH MADRASAH SALAFIYAH II PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

SIHABUDIN - NIM. 02421409, (2010) PENGAJARAN NAHWU DENGAN MENGGUNAKAN KITAB AN-NAHWU AL-WADIH DI KELAS I'DADIYAH MADRASAH SALAFIYAH II PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN NAHWU DENGAN MENGGUNAKAN KITAB AN-NAHWU AL-WADIH DI KELAS I’DADIYAH MADRASAH SALAFIYAH II PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN NAHWU DENGAN MENGGUNAKAN KITAB AN-NAHWU AL-WADIH DI KELAS I’DADIYAH MADRASAH SALAFIYAH II PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagai mana cara pengajaran nahwu dengan menggunakan kitab an-Nahwu al-Wadih di Madrasah Salafiyah II Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta, hasil yang dicapai santri dalam mata pelajaran nahwu dengan menggunakan kitab an-Nahwu al-Wadih dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pelajaran an-Nahwu al-Wadih di Madrasah Salafiyah II Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dan pendekatannya bersifat pedagogis. Adapun jumlah populasi sebanyak 19 orang yang terdiri dari satu ustadz nahwu kelas I'dadiyah dan seluruh santri kelas I'dadiyah yang berjumlah 18 santri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada dasarnya adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif hanya sebagai pelengkap apabila ada data yang bersifat angka. Adapun rumus yang digunakan untuk menganalisis data tersebut adalah rumus data distribusi frekuensi relatif dan rumus nilai rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Buku/kitab yang digunakan sebagai bahan pengajaran di kelas I'dadiyah Madrasah Salafiyah adalah kitab an- Nahwu al-Wadih. (2) Metode yang digunakan dalam pengajaran an-Nahwu al- Wadih adalah metode induktif sebagai mana ada dalam kitab an-Nahwu al-Wadih akan tetapi sebelum kei'rob dan kai'dah yang berkaitan dengan contoh ustadz nahwu memberikan dulu latihan. (3) Hasil yang dicapai santri kelas I'dadiyah dalam mata pelajaran nahwu dengan menggunakan kitab an-Nahwu al-Wadih adalah 48. (4) Faktor pendukung dalam pengajaran nahwu di kelas I'dadiyah diantaranya adalah adanya semangat ustadz nahwu yang sangat tinggi, adanya kemauan para santri serta adanya motifasi yang timbul dari dalam diri santri dalam mengikuti dan mempelajari ilmu nahwu. Adapun faktor penghambatnya adalah karena belum adanya kurikulum pengajaran yang sesuai dengan Garisgaris besar Program pengajaran, dan fasilitas pengajaran belum memadai yaitu terbatasnya ruangan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Adzfar Ammar M.A.
Uncontrolled Keywords: nahwu, kitab an-nahwu al-wadih
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 27 Aug 2012 15:20
Last Modified: 05 Apr 2017 03:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item View Item