UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI STRATEGI CATATAN TERBIMBING DAN BERMAIN JAWABAN KELAS VIIB DI MADRASAH TSANAWIYAH MA\'HAD ISLAMY BANGUNTAPAN BANTUL

FAJAR ITSNAINI - NIM. 05410100, (2010) UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI STRATEGI CATATAN TERBIMBING DAN BERMAIN JAWABAN KELAS VIIB DI MADRASAH TSANAWIYAH MA\'HAD ISLAMY BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya guru harus memiliki kemampuan untuk memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa agar pembelajaran lebih efektif. Namun kenyataannya guru SKI di MTs Ma\'had Islamy belum memiliki kemampuan tersebut, sehingga pembelajaran SKI kurang efektif dan kualitas pembelajaran pun kurang. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang upaya guru SKI dalam penggunaan strategi pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana penerapan strategi pembelajaran catatan terbimbing dan bermain jawaban serta keberhasilannya dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pembelajaran SKI melalui kedua strategi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pelaksanaan pembelajaran SKI dan keberhasilannya serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pembelajaran melalui penerapan strategi catatan terbimbing dan bermain jawaban di kelas VIIB MTs Ma\'had Islamy. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada guru untuk menerapkan strategi pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru SKI sebagai pelaku tindakan dan peneliti sebagai observer. Penelitian terdiri atas 2 siklus yang dilaksanakan pada bulan Januari-April 2009 dalam pembelajaran SKI kelas VIIB MTs Ma\'had Islamy. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan MC. Taggrat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran melalui penerapan strategi catatan terbimbing dan bermain jawaban dilaksanakan dalam dua siklus. pada siklus I, guru masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran, namun pada siklus II guru sudah mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik. (2) Tingkat keberhasilan yang dicapai meliputi (a) peningkatan kemampuan guru (perencanaan pembelajaran dan proses pembelajaran), (b) peningkatan kemampuan siswa (peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa). (3) Faktorfaktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pembelajaran SKI adalah (a) Faktor guru, meliputi kemampuan perencanaan pembelajaran dan proses pembelajaran, (b) Faktor siswa meliputi, latar belakang keluarga, lingkungan siswa dan intensitas belajar siswa (c) Faktor lingkungan belajar meliputi, interaksi antar guru, interaksi antara guru dengan siswa dan interaksi antar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: sejarah kebudayaan Islam, peningkatan kualitas pembelajaran, strategi
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3541

Actions (login required)

View Item View Item