KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA DARI KELUARGA MISKIN (Studi Eksperimen pada Siswa SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang)

LUKY UMAMI KHOIRUNNISA’, S.Pd, NIM. 1620310041 (2018) KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA DARI KELUARGA MISKIN (Studi Eksperimen pada Siswa SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA DARI KELUARGA MISKIN (Studi Eksperimen pada Siswa SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang))
1620310041_BAB-I_IV-atau-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA DARI KELUARGA MISKIN (Studi Eksperimen pada Siswa SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang))
1620310041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu perkembangan remaja SMK adalah memiliki kesiapan untuk menghadapi dunia kerja ataupun karir. Sebagian besar siswa SMK ma’arif walisongo ingin bekerja dan ada juga kuliah, akan tetapi karena faktor ekonomi keluarga sehingga mereka masih bingung setelah lulus. Konseling kelompok realita sebagai pendekatan untuk meningkatkan eksplorasi dan resolusi terhadap masalah – masalah yang menggangu, sehingga siswa yang terlibat dapat memodifikasi keyakinan, sikap, serta perilaku mereka. Konseling kelompok realita dapat meningkatkan tanggung jawab, memiliki motivasi mencari informasi tentang karir, memahami keterampilan dan memiliki wawasan tentang prospek lapangan kerja di masa depan. Penelitian ini menguji konseling kelompok realita meningkatkan karir siswa dari keluarga miskin. Penelitian ini menggunakan model The NoneQuivalent Control Group Design yang melibatkan 11 siswa kelas XII SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang dengan penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan skala karir siswa dari keluarga miskin dengan kategori rendah sejumlah sebelas siswa kelas XI SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang, terbagi menjadi dua kelompok yaitu 6 (enam) siswa sebagai kelompok eksperimen dan 5 (lima) siswa sebagi kelompok kontrol. Data yang terkumpul dari analisis menggunakan uji beda Wilcoxon diperoleh hasil dengan nilai sig. 0,001 < 0,05, dengan Z = -7,466, artinya bahwa skor karir siswa dari keluarga miskin mengalami peningkatan dari sebelum treatment dan sesudah treatment. Sementara itu pada kelompok kontrol tidak ada peningkatan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test dalam karir siswa dari keluarga miskin, hal tersebut dapat dilihat pada out-put perhitungan statistik uji Wilcoxon dengan hasil 0,081 > 0,05 dan Z = -2,316 Penelitian ini berkesimpulan bahwa konseling kelompok realita dapat meningkatkan karir siswa dari keluarga miskin untuk lebih bertanggung jawab dan meningkatkatkan karir di masa depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konseling Kelompok Realita, Karir Siswa Dari Keluarga Miskin
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 10:40
Last Modified: 03 Jul 2019 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35414

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum