PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA ANAK DISABILITAS DI SMA LUAR BIASA GANDA (SLB-G) DAYA ANANDA YAYASAN SAYAP IBU KALASAN YOGYAKARTA

DEVI ADRIANY, NIM.162031026 (2018) PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA ANAK DISABILITAS DI SMA LUAR BIASA GANDA (SLB-G) DAYA ANANDA YAYASAN SAYAP IBU KALASAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA ANAK DISABILITAS DI SMA LUAR BIASA GANDA (SLB-G) DAYA ANANDA YAYASAN SAYAP IBU KALASAN YOGYAKARTA)
1620310126_BAB_I_BAB_V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA ANAK DISABILITAS DI SMA LUAR BIASA GANDA (SLB-G) DAYA ANANDA YAYASAN SAYAP IBU KALASAN YOGYAKARTA)
1620310126_BAB_II_BAB_III_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (789kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA ANAK DISABILITAS DI SMA LUAR BIASA GANDA (SLB-G) DAYA ANANDA”. Sesuai observasi awal, layanan bimbingan dan konseling di sekolah ini di bebankan kepada wali kelas masing-masing. Mayoritas guru di sekolah ini minim lulusan bimbingan dan konseling dan hanya ada satu guru yang basic dari bimbingan dan konseling. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui penerapan bimbingan dan konseling di SLB-G Daya Ananda (2) mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam menerapkan bimbingan dan konseling kepada anak disabilitas di SLB-G Daya Ananda. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, maka digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif pada subyek penelitian yang ada di SLB-G Daya Ananda Kalasan Yogyakarta. Adapun informan yang di wawancarai dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Dari 5 informan tersebut empat diantaranya guru/wali kelas merangkap sebagai guru bimbingan dan konseling, serta kepala sekolah. Data di dapat dari observasi, wawanara dan dokumentasi selama penelitian. Semua data yang masuk, dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Setelah data dianalisis, maka selanjutnya adalah melakukan triangulasi. Adapun dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil yang didapat yaitu : (1) Penerapan bimbingan dan konseling di SLB-G Daya anada dilakukan oleh guru kelas yang merangkap sekaligus guru bimbingan dan konseling. Dalam menerapkan bimbingan dan konseling tidak terlepas dari bidang-bidang bimbingan konseling diantaranya bidang pribadi sosial, bidang belajar dan bidang karir. Untuk menerapkan bidang-bidang bimbinga konseling tersebut tidak terlepas dari beberapa layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling yang diterapkan disini diantaranya layanan orientasi, layanan informasi. layanan bimbingan belajar, layanan bimbingan kelompok, layanan bimbingan karir dan layanan bimbingan belajar. (2) Dalam menerapkan pelaksanaan bimbingan dan konseling di SLB-G Daya Ananda terdapat beberapa faktor penghambat pertama, minimnya keikut sertaan orangtua kemudian, minimnya Staf dan Guru bimbingan dan konseling serta Terbatasnya Sarana Prasarana dalam Pelaksanaan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro’fah, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penerapan Bimbingan dan Konseling, Anak Disabilitas.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 13:26
Last Modified: 03 Jul 2019 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum