PENGARUH INDUSTRI PARIWISATA TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Studi pada Hotel, Biro Perjalanan Wisata, Kuliner dan Objek wisata Kabupaten Lombok Barat

Romi Putra Saroji, NIM. 1620311012 (2018) PENGARUH INDUSTRI PARIWISATA TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Studi pada Hotel, Biro Perjalanan Wisata, Kuliner dan Objek wisata Kabupaten Lombok Barat. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INDUSTRI PARIWISATA TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Studi pada Hotel, Biro Perjalanan Wisata, Kuliner dan Objek wisata Kabupaten Lombok Barat)
1620311012_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_FUSTAKA..pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INDUSTRI PARIWISATA TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Studi pada Hotel, Biro Perjalanan Wisata, Kuliner dan Objek wisata Kabupaten Lombok Barat)
1620311012_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pariwisata di Kabupaten Lombok Barat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini memberikan peluang dalam usaha jasa seperti hotel, kuliner, dan biro perjalanan wisata sekaligus mampu menyerap tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hotel, biro perjalanan wisata, kuliner dan objek wisata terhadap penyerapan tenaga kerja di Lombok Barat serta penyerapan tenaga kerja pada variabel tersebut dipandang dari perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel bebas yaitu hotel, biro perjalanan wisata, kuliner dan objek wisata dan variabel terikat penyerapan tenaga kerja. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi linear berganda maka model persamaan yaitu Y =-874,373 + 48,233X1+ 0,021X2 + 5,717X3. + 7,180X4. The . Constant is -874,373 menunjukkan jika hotel, kuliner (hotel), dan Biro Perjalanan Wisata nilainya konstan maka penyerapan tenaga kerja meningkat sebesar =-874,373. Untuk variabel hotel jika mengalami kenaikan 1% maka penyerapan tenaga kerja akan mengalami kenaikan sebesar 48,233. Variabel kuliner (hotel) yang mengalami kenaikan 1% menunjukkan penyerapan tenaga kerja akan mengalami kenaikan sebesar 0,021, sedangkan variabel Biro Perjalanan Wisata jika mengalami kenaikan 1% maka penyerapan tenaga kerja akan mengalami kenaikan sebesar 5,717. Bidang hotel, kuliner (restoran), dan Biro Perjalanan Wisata menunjukkan adanya penyerapan tenaga kerja. Hal ini dilihat dari jumlah tenaga kerja selama 2010-2015 yang semakin meningkat untuk masing-masing bidang tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. ABDUL HARIS, M.AG
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hotel, biro perjalanan wisata, kuliner, objek wisata, penyerapan tenaga kerja, Lombok Barat
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 13:31
Last Modified: 03 Jul 2019 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35429

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum