KORELASI PERANAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

NUNIK ZENIATI - NIM. 05420056, (2010) KORELASI PERANAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KORELASI PERANAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KORELASI PERANAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang kurang mampu dalam membaca teks bahasa Arab, meskipun sudah diberi harokat. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca teks bahasa Arab, di antaranya adalah peranan guru dan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan yang signifikan antara peranan guru dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab, ada atau tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab, dan ada atau tidak ada korelasi yang signifikan antara peranan guru dan gaya belajar dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi.analisis data dengan penelitian ini dengan menggunakan rumus product moment dan regresi ganda. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya dari kepala sekolah, guru bahasa Arab dan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya koefisien korelasi hitung (r observasi) dan peranan guru dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab, yaitu sebesar 0,206 lebih kecil dari harga r tabel pada taraf signifikansi 1% yaitu sebesar 0,325 maupun taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,250. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peranan guru dan kemampuan membaca teks bahasa Arab ditolak. Besarnya harga koefisien korelasi hitung antara gaya belajar siswa dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab yaitu 0,365 lebih besar dari harga r tabel pada taraf signifikansi 1% yaitu sebesar 0,325 maupun taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,250. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara gaya belajar siswa dengan kemampuan membaca teks bahasa diterima. Setelah menguji signifikansi koefisien korelasi ganda, diketahui besarnya rx1x2y sebesar 0,409 hal ini menunjukkan keeratan hubungan antara peranan guru dan daya belajar siswa dengan kemampuan siswa membaca teks bahasa Arab sebesar 40,9 %. Sedang harga F hitung 5,735 sedangkan besarnya harga F tabel pada taraf signifikansi 1% yaitu sebesar 4,98 dan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 3,15 lebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 1% maupun 5%. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara peranan guru dan gaya belajar dengan kemampuan membaca teks bahasa Arab diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kolerasi, peran guru, gaya belajar, kemampuan mambaca teks arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 27 Aug 2012 11:46
Last Modified: 05 Apr 2017 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item