EFEKTIVITAS STRATEGI KONSELING LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SLOW LEARNER

Arifah Fahrunnisa, NIM. 1620311036 (2018) EFEKTIVITAS STRATEGI KONSELING LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SLOW LEARNER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS STRATEGI KONSELING LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SLOW LEARNER)
1620311036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS STRATEGI KONSELING LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SLOW LEARNER)
1620311036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (874kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi konseling latihan asetif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa slow learner. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan skor skala kamampuan komunikasi interpersonal dengan kategori rendah, sebagai subjek dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 2 orang siswa slow learner yang mendapatkan skor kemampuan komunikasi interpersonal rendah dari 5 siswa kelas II SD Teladan Yogyakarta. Analsis data menggunakan Paired Sample T-Test. Penggumpulan data menggunakan skala kemampuan komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konseling latihan asetif efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa slow learner SD Teladan Yogyakarta. Berdasarkan data yang diperoleh, menunjukan bahwa data xii berdistribusi normal sehingga analisis data menggunakan statistik paramertik. Hasil analisis tersebut dapat dilihat pada output perhitungan statistik parametrik menggunakan uji Paired sample T-Test dengan hasil p =0,049; p<0,05, artinya kemampuan komunikasi interpersonal siswa slow learner sebelum dan setelah mendapatkan strategi konseling latihan asertif memiliki perbedaan yang nyata, di mana setelah latihan meningkat dibandingkan sebelum latihan, dengan kata lain, pada tingkat kepercayaan 95% latihan ini efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa slow learner. Selain itu juga dapat dilihat dari mean sebelum (pre-test) 1,15 dan mean setelah (post-test) 1,175. Standar deviasi sebelum (pre-test) 4,24264 dan standar deviasi setelah (post-test) 4,94975. Nilai minimum sebelum (pre-test) 112 dan nilai minimum setelah (post-test) 114. Nilai maksimum sebelum (pre-test) 118 dan nilai maksimum setelah (post-test) 121.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Casmini M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Konseing Latihan Asertif, Komunikasi Interpersonal
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 13:57
Last Modified: 03 Jul 2019 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35432

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum