PENGARUH FAKTOR MAKRO EKONOMI DAN RASIO KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI ISSI 2013 - 2016)

AJI FAUZIE, NIM. 1620311042 (2018) PENGARUH FAKTOR MAKRO EKONOMI DAN RASIO KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI ISSI 2013 - 2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH FAKTOR MAKRO EKONOMI DAN RASIO KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI ISSI 2013 - 2016))
1620311042_BAB-1_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH FAKTOR MAKRO EKONOMI DAN RASIO KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI ISSI 2013 - 2016))
1620311042_BAB-II_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Krisis keuangan global dan tidak stabil nya moneter tercermin dari nilai tukar rupiah, inflasi dan PDB. selain faktor makro ekonomi tersebut, dalam permasalan ini pun faktor internal perusahaan-perusahaan yang sudah listing di lantai bursa bisa menambah permasalahan yang ada, salah satu faktor berkembang atau tidaknya suatu perusahaan bisa tercermin di laporan profitabilitas dan likuiditas nya. Dilihat dari perkembangan nya pasar modal Indonesia, pada tahun 2011 mendirikan Indeks Saham Syariah Indonesia, dimana pembentukan itu bertujuan untuk membantu mengatasi permaslahan tersebut dan memisahkan antara saham syariah dengan saham bukan syariah. Dalam perkembangannnya ada banyak faktor yang mempengaruhi berkembang nya Indeks Saham Syariah Indonesia baik internal bisa diketahui dengan melihat laporan profitabilitas dan likuiditas perusahaan maupun faktor eksternal seperti Kurs, Inflasi, dan PDB. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mennetukan pengaruh kurs,inflasi, PDB ROA dan CR terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder bulanan dengan jumlah data 672 periode. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kurs, inflasi, PDB dan CR memiliki nilai negatif signifikan berdampak pada Indeks Saham Syariah Indonesia. Sedangan Variabel Profitabilitas (ROA) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia. Hasil dari koefisien determinasi R 0.113 atau 11.3%. Ini menunjukkan bahwa model yang digunakan dalam penelitian ini lemah dan menggambarkan efek variabel independen pada pergerakan Indeks Saham Syariah Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: DR.H. SYAFIQ MAHMADAH HANAFI, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Indeks Saham Syariah Indonesia, Kurs, Inflasi, PDB, ROA,
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 14:24
Last Modified: 14 Apr 2020 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35434

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum