SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) UNTUK MENURUNKAN STRES DAN MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PADA PERAWAT

Umul Sakinah, NIM. 1620311058 (2018) SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) UNTUK MENURUNKAN STRES DAN MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PADA PERAWAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) UNTUK MENURUNKAN STRES DAN MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PADA PERAWAT)
1620311058_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) UNTUK MENURUNKAN STRES DAN MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PADA PERAWAT)
1620311058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Setiap pekerjaan memiliki potensi untuk stres dalam bekerja, termasuk sebagai perawat yang bekerja sebagai tenaga pelayanan kesehatan masyarakat yang rentan mengalami stres kerja. Stres kerja memberikan pengaruh yang negatif terhadap banyak aspek, mulai dari kehidupan individu, tempat kerja, dan lingkungan sosial. Perawat yang mengalami stres kerja bisa memberikan dampak bukan hanya pada dirinya melainkan bisa membahayakan pasien dalam masa perawatan. Dampak lain dari stres kerja adalah menurunnya motivasi kerja dan ini akan mempengaruhi kinerja dan kualitas pelayanan yang diberikan. Hal ini akan mengakibatkan buruknya citra pelayanan, penanganan kesehatan di rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji efektifitas dari Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) untuk menurunkan tingkat stres dan meningkatkan motivasi kerja pada perawat RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Adapun prodesur dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian eksperimen yang memiliki kelompok eksperimen yang diberikan intervensi SEFT dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan intervensi SEFT sama sekali. Subjek penelitian ini berjumlah 11 orang. 7 subjek termasuk dalam kelompok eksperimen dan empat subjek lainnya termasuk kelompok kontrol. Analisis penelitian ini menggunakan uji Manova yang membandingkan post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa SEFT signifikan menurunkan stres kerja perawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta sebesar 57.0%, namun SEFT hanya 17.0% dalam meningkatkan motivasi kerja. Ini menunjukkan bahwa SEFT tidak signifikan dalam meningkatkan motivasi kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Suyadi, MA,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : SEFT, Stres Kerja, Motivasi Kerja.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:02
Last Modified: 03 Jul 2019 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum