PENGARUH PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP KESEJAHTERAAN MUSTAHIK DI BAZNAS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN (DENGAN PERKEMBANGAN USAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DAN IKLIM USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERATING)

ARIF MUBAROK, NIM. 1620310004 (2018) PENGARUH PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP KESEJAHTERAAN MUSTAHIK DI BAZNAS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN (DENGAN PERKEMBANGAN USAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DAN IKLIM USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERATING). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP KESEJAHTERAAN MUSTAHIK DI BAZNAS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN (DENGAN PERKEMBANGAN USAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DAN IKLIM USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERATING))
1620310004_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP KESEJAHTERAAN MUSTAHIK DI BAZNAS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN (DENGAN PERKEMBANGAN USAHA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DAN IKLIM USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERATING))
1620310004_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Peran moderasi kesenjangan sosial yang dapat dilakukan oleh zakat tampak secara konkret dalam distribusi harta dari para wajib zakat (muzaki) kepada orang yang berhak menerima zakat (mustahik). Zakat yang bertujuan untuk menggugurkan kewajiban sebagai seorang muslim dan didistribusikan dengan pola konsumtif harus berganti dengan pola penyaluran yang produktif, guna memaksimalkan fungsi zakat sebagai instrument pemerataan kesejahteraan. Zakat produktif adalah pendayagunaan zakat yang berfokus pada cara atau metode penyaluran dana zakat kepada mustahik dengan tepat guna, efektif, serta memberikan manfaat yang berkelanjutan sesuai dengan syariat dan fungsi sosial ekonomis dari zakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda, analisis jalur (Path Analysis) untuk menguji variabel intervening, dan analisis moderasi (Moderation Regression Analysis) untuk menguji variabel moderating. Variabel independen yang akan diuji adalah pendayagunaan zakat produktif yang diproksikan melalui modal usaha, pendampingan usaha dan pelatihan terhadap variabel dependen yakni kesejahteraan mustahik yang diintervensi oleh perkembangan usaha dan dimoderasi oleh iklim usaha. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 35 orang mustahik yang termasuk dalam penerima program Kalsel Sejahtera. Hasil uji hipotesis dapat dinyatakan bahwa penyaluran zakat produktif melalui modal usaha, pendampingan usaha dan pelatihan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan usaha dan kesejahteraan mustahik. Namun secara parsial hanya bantuan modal usaha yang memberikan pengaruh positif signifikan terhadap perkembangan usaha, sedangkan pendampingan dan pelatihan tidak berpengaruh positif. Selanjutnya pendayagunaan zakat produktif melalui bantuan modal usaha tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan mustahik, namun pendampingan usaha dan pelatihan berpengaruh positif terhadap kesejahteraan mustahik. Hasil uji path analysis menyimpulkan bahwa perkembangan usaha memediasi hubungan antara modal usaha dengan kesejahteraan mustahik, namun tidak dengan pendampingan dan pelatihan. Sedangkan hasil uji regresi moderasi menyimpulkan bahwa modal usaha, pendampingan dan pelatihan tidak berpengaruh terhadap perkembangan usaha setelah dimoderasi oleh iklim usaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. ABDUL HARIS, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Zakat Produktif, Kesejahteraan, Intervening, Moderating
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:12
Last Modified: 03 Jul 2019 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum