KEPEMIMPINAN K.H. MUH. AS’AD UMAR DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM REJOSO, PETERONGAN, JOMBANG, JAWA TIMUR (1985-2010)

Zunaida Farisa, NIM. 14120032 (2019) KEPEMIMPINAN K.H. MUH. AS’AD UMAR DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM REJOSO, PETERONGAN, JOMBANG, JAWA TIMUR (1985-2010). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN K.H. MUH. AS’AD UMAR DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM REJOSO, PETERONGAN, JOMBANG, JAWA TIMUR (1985-2010))
14120032_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN K.H. MUH. AS’AD UMAR DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN DARUL ULUM REJOSO, PETERONGAN, JOMBANG, JAWA TIMUR (1985-2010))
14120032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

K.H. Muh. As’ad Umar adalah pemimpin ke-empat setelah K.H. Mustain Romly di Pondok Pesantren Darul Ulum. Pondok Pesantren Darul Ulum mengalami masa keemasan pada masa kepemimpinan K.H. Muh. As’ad Umar yaitu pada tahun 1985-2010. Selama kepemimpinannya, pesantren ini mengalami kemajuan dalam bidang pendidikan dan sarana prasarana. Pada bidang pendidikan, K.H. Muh. As’ad Umar mengkolaborasikan ilmu umum, ilmu agama serta teknologi dengan mendirikan sekolah dan universitas. Hal ini sekaligus menjadi pendorong perkembangan sarana dan prasarana di Pondok Pesantren Darul Ulum. Kemudahan dalam memajukan pesantren ini tidak lepas dari kemahiran K.H. Muh. As’ad Umar dalam melobi pihak swasta maupun pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan biografi. Peneliti mengkaji sifat, watak dan pengaruh lingkungan sosial-politik K.H. Muh. As’ad Umar. Sementara teori yang digunakan adalah teori kepemimpinan transformasional Bernard M. Bass yang menjelaskan bahwa pemimpin dapat mengubah dan memotivasi para pengikutnya. Teori ini digunakan untuk melihat keberhasilan K.H. Muh. As’ad Umar dalam memotivasi pengikutnya dengan sikap dan kebijakannya sehingga mereka bekerja secara maksimal. Adapun metode yang digunakan adalah metode sejarah yang meliputi: heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Temuan dari penelitian ini bahwa K.H. Muh. As’ad Umar merupakan pemimpin transformasional yang berhasil bekerjasama dengan para pengikutnya untuk mengembangkan Pondok Pesantren Darul Ulum menjadi pesantren yang lebih maju. Dengan sifat baik dan kerja keras dalam merealisasikan ide-idenya, dia dapat memotivasi pengikutnya untuk bekerja secara optimal. Oleh sebab itu dia berhasil mengembangkan dalam bidang pendidikan dengan ilmu keagamaan, ilmu umum serta teknologi. Hal ini dapat dibuktikan dengan pendirian sekolah kejuruan dan universitas di Pondok Pesantren Darul Ulum. Sekolah ini telah memberi bekal ketrampilan dan wawasan yang luas kepada santri sehingga mereka dapat bersaing di dunia luar. Pendirian sekolah dan universitas ini diiringi dengan pengembangan sarana prasarana untuk menunjang pendidikan santri. Sarana yang dibangun ini seperti asrama tempat tinggal, gedung sekolah, gedung perkuliahan dan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Maryam M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Pondok Pesantren Darul Ulum, Kepemimpinan K.H. Muh. As’ad Umar.
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2019 09:08
Last Modified: 04 Jul 2019 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum