IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH (MBM) DI MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTERI BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

IMROATU SHOLEKHAH - NIM. 05410018, (2010) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH (MBM) DI MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTERI BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) merupakan sebuah konsep alternatif dalam konteks desentralisasi pendidikan yang menempatkan wewenangan penelolaan madrasah sebagai entitas sistem. MBM merupakan model manajemen yang memberikan wewenang kepada madrasah untuk mengatur dirinya secara leluasa. Dalam konteks ini, warga madrasah mendapat limpahan wewenang untuk melakukan inovasi kurikulum, metode pembelajaran dan penyelenggaraan madrasah. MTs Ibnul Qoyyim Puteri Berbah Sleman Yogyakarta telah menerapkan MBM dalam proses penyelenggaraan pendidikan akan tetapi kenyataanya implementasi manajemen berbasis madrasah yang ada di MTs Ibnul Qoyyim Puteri Berbah Sleman Yogyakarta belum terlaksana dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan MBM dan hasil pelaksanannya serta untuk mengetahui Kelebihan, kelemahan, peluang dan tantangan bagi implementasi MBM di MTs Ibnul Qoyyim Puteri Berbah Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan mengambil lokasi penelitian di MTs Ibnul Qoyyim Puteri Berbah Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan, menganalisis, dan mengidentifikasi problematika manajemen berbasis madrasah kemudian mengorganisasi, mengklasifikasi, dan mencari pola-pola hubungan, menemukan apa yang dianggap penting dari apa yang telah dipelajari serta memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Analisis data dilakukan sejak peneliti di lapangan, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semua data terkumpul atau setelah selesai dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya : (1) Implementasi manajemen berbasis madrasah di MTs Ibnul Qoyyim Puteri Berbah Sleman Yogyakarta meliputi : manajemen kurikulum dan program pengajaran, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan atau biaya pendidikan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat, manajemen layanan khusus yang terdiri manajemen usaha kesehatan madrasah, dan perpustakaan, (2) Hasil dari pelaksaan manajemen berbasis madrasah di MTs Ibnul Qoyyim Puteri Berbah Sleman Yogyakarta adalah efektif, karena hasil yang di peroleh dari pelaksanaan manajemen berbasis madrasah dapat menunjang dan memajukan tercapainya program madrasah dan Keberhasilan penerapan MBM sangat ditentukan oleh political will pemerintah dan kepemimpinan di persekolahan (3) Faktor Pendukung dan Penghambat pelaksanaan MBM dapat dilihat dengan menggunakan analisis Swot. Yaitu strategi manajerial yang dikembangkan untuk menjamin sebuah organisasi agar memiliki daya tahan (stabilitas) dan daya hidup (elan vital) di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H.Sarjuli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Madrasah (MBM), Mts Ibnul Qoyyim Puteri Berbah Sleman Yogyakarta
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3546

Actions (login required)

View Item View Item