PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIRTUAL LIBRARY UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN ILMU-ILMU KEISLAMAN BAGI PONDOK PESANTREN DI INDONESIA

Ma’sum, Ali (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIRTUAL LIBRARY UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN ILMU-ILMU KEISLAMAN BAGI PONDOK PESANTREN DI INDONESIA. In: Prosiding Seminar Nasional : Masa Depan Bahasa Arab Antara Prospek Dan Tantangan. Progam Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret, Surakarta, pp. 184-203.

[img]
Preview
Image
Sampul Prosiding Semnas 2015.jpg - Cover Image

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Awal Prosiding Semnas 2015.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIRTUAL LIBRARY UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN ILMU-ILMU KEISLAMAN BAGI PONDOK PESANTREN DI INDONESIA)
Ali Ma’sum - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIRTUAL LIBRARY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Tujuan penulisan makalah hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) proses pengembangan bahan ajar berbasis virtual library untuk pembejaran bahasa Arab dan ilmu-ilmu ke-Islaman bagi pondok pesantren di Indonesia, dan (2) hasil uji validitas produk bahan ajar berbasis virtual library untuk pembejaran bahasa Arab dan ilmu-ilmu ke- Islaman bagi pondok pesantren di Indonesia yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan, sedangkan subjek penelitian ini adalah data bahan ajar (kitab) yang dipakai di pondok pesantren, kemudian realisasi pendekatan itu akan terlihat pada lima tahapan pelaksanaan penelitian berikut ini: (1) pengkajian teori, (2) survei, (3) pengembangan model (pengembangan virtual library), (4) uji model (produk), dan (5) revisi model (produk). Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan bahan ajar berbasis virtual library untuk pembejaran bahasa Arab dan ilmu-ilmu ke-Islaman bagi pondok pesantren di Indonesia dalam penelitian ini dilakukan melalui empat langkah umum, yaitu: (a) menyeting software virtual library, (b) menvirtualisasi bahan ajar (kitab) yang telah terkumpul, (c) melakukan konversi dan integrasi data virtual ke dalam software, dan (d) membuat panduan pemakaian virtual library untuk pembelajaran di pondok pesantren, dan (2) Hasil uji produk pengembangan yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan pengguna, produk yang telah dikembangkan layak dan valid untuk digunakan. Hal ini berdasarkan penilaian mereka terhadap indikator-indikator penilaian yang telah peneliti siapkan dan ujicobakan kepada mereka. Sehingga produk akhir dengan nama ”Al-Maktabah Al- Syamilah Li Al-Ma’ahid Al-Islamiyyah Bi Indunisiya” tersebut layak dan valid digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab dan ilmu-ilmu ke-Islaman bagi pondok pesantren di Indonesia. Kata Kunci: bahan ajar, virtual library, bahasa Arab, ke-Islaman, pondok pesantren

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, virtual library, bahasa Arab, ke-Islaman, pondok pesantren
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:41
Last Modified: 18 Feb 2020 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35460

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum