DARI KIAI KE POLITIK DARI POLITIK KE KIAI (Studi Kasus Dinamika Pengambilan Keputusan pada Kiai yang Meninggalkan Karir Politik sebagai DPRD dan Pengurus Partai di Kabupaten Bantul)

Aslikh Rina Ulyaddin, NIM. 12710042 (2019) DARI KIAI KE POLITIK DARI POLITIK KE KIAI (Studi Kasus Dinamika Pengambilan Keputusan pada Kiai yang Meninggalkan Karir Politik sebagai DPRD dan Pengurus Partai di Kabupaten Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DARI KIAI KE POLITIK DARI POLITIK KE KIAI (Studi Kasus Dinamika Pengambilan Keputusan pada Kiai yang Meninggalkan Karir Politik sebagai DPRD dan Pengurus Partai di Kabupaten Bantul))
12710042_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (DARI KIAI KE POLITIK DARI POLITIK KE KIAI (Studi Kasus Dinamika Pengambilan Keputusan pada Kiai yang Meninggalkan Karir Politik sebagai DPRD dan Pengurus Partai di Kabupaten Bantul))
12710042_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika pengambilan keputusan pada Kiai yang meninggalkan karir politik sebagai DPRD dan pengurus partai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi yang bersumber dari 2 (dua) orang subjek yang merupakan kiai dan pernah menjabat sebagai DPRD di Kabupaten Bantul serta beberapa significant others. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada tahap menurunnya efektivitas dakwah yang mempengaruhi pada rasa percaya masyarakat terhadap kepemimpinan subjek yang terlibat urusan politik sehingga timbul rasa tidak sesuai dengan tanggung jawab subjek sebagai tokoh moral dimasyarakat. Selain itu adanya faktor internal berupa perasaan tidak dihargai, merasa terancam dan perasaan cemas juga menjadi dorongan bagi subjek untuk mengakhirikarir politik. Dorongan mengakhiri karir politik juga dikuatkan oleh faktor eksternal yang terjadi karena interaksi subjek dalam konteks politik menjadi rumit sehingga mengakibatkan subjek terjebak kasus pengembalian dana negara dan juga hilangnya dukungan dari keluarga, rekan maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohammad Johan Nasrul Huda, S.Psi.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: dakwah, kiai-politik, pengambilan keputusan
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2019 10:40
Last Modified: 04 Jul 2019 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum