TUJUH PILAR PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK KANAK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

SOFIYANI - NIM. 04410818, (2010) TUJUH PILAR PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK KANAK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang konsep pengembangan pembelajaran PAI sekaligus pada ranah pelaksanaannya di TK Islam Plus Mutiara. Latar belakang adanya keprihatinan terhadap sistem pendidikan di Indonesia yang belum mampu menunjukan hasil yang signifikan terhadap masyarakat terbukti dengan adanya kemerosotan moral yang dilakukan oleh kaum cendekiawan dan pemimpin bangsa ini. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dikembangkan dan terapkan oleh guru atau lembaga Pendidikan Usia Dini bagaimana caranya menanamkan dengan metode yang relevan, yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Taman Kanak Kanak Islam Plus Mutiara Banguntapan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan metode analisis kualitatif, yaitu periode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep tujuh pilar pengembangan pembelajaran PAI di TK Islam Plus Mutiara meliputi konsep pendidikan keislaman secara integratif, berpusat pada anak, seluruh aspek, belajar sambil mencoba (learning by doing), pembiasaan (habit forming), keteladanan (uswatun hasanah) dan konsep pembelajaran program plus (kemandirian anak). (2) Pada implementasinya konsep tujuh pilar pengembangan PAI meliputi pengembangan tujuan pembelajaran PAI, pengembangan materi PAI, pengembangan metode pembelajaran PAI, pengembangan kualitas guru, pengembangan media dan sarana belajar, pengembangan sistem evaluasi. (3) Hasil dari konsep tujuh pilar pengembangan permbelajaran PAI di TK Islam Plus Mutiara adalah adanya perubahan yang signifikan pada semua aspek kepribadian yang dimiliki anak baik aspek pengetahuan, sikap maupun perilaku setelah disekolahkan di TK tersebut.(4) Adapun faktor pendukung dari proses pelaksanaan tujuh pilar pengembangan pembelajaran PAI terdiri dari dua faktor, yaitu faktor ekternal : lingkungan yang kondusif serta komitmen dan kerjasama dengan wali murid yang terjalin dengan baik. Sedangkan faktor pendukung internal adalah adanya kemandirian siswa, kredibilitas dan komitmen guru, serta kekreativitas guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Sementara itu faktor penghambatnya adalah kurangnya kedisiplinan dari peserta didik, kurang lengkapnya fasilitas dan media belajar yang ada di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, S.Ag M.Ag
Uncontrolled Keywords: tujuh pilar pengembangan, pendidikan agama Islam
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3547

Actions (login required)

View Item View Item