KARAKTERISTIK DAN KONFLIK TOKOH INVESTIGATOR (ALMUCHAQIQ) DALAM NASKAH DRAMA “LUZU<MU MA< LA< YALZAMU” KARYA TAUFI<Q AL-CHAKI<M (Pendekatan Psikologi Sastra Sigmund Freud)

Hikmawati, Hanifah (2015) KARAKTERISTIK DAN KONFLIK TOKOH INVESTIGATOR (ALMUCHAQIQ) DALAM NASKAH DRAMA “LUZU<MU MA< LA< YALZAMU” KARYA TAUFI<Q AL-CHAKI<M (Pendekatan Psikologi Sastra Sigmund Freud). In: Prosiding Seminar Nasional : Masa Depan Bahasa Arab Antara Prospek Dan Tantangan. Progam Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret, Surakarta, pp. 93-120.

[img]
Preview
Image
Sampul Prosiding Semnas 2015.jpg - Cover Image

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Awal Prosiding Semnas 2015.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KARAKTERISTIK DAN KONFLIK TOKOH INVESTIGATOR (ALMUCHAQIQ) DALAM NASKAH DRAMA “LUZU<MU MA< LA< YALZAMU” KARYA TAUFI<Q AL-CHAKI<M (Pendekatan Psikologi Sastra Sigmund Freud))
Hanifah Hikmawati - KARAKTERISTIK DAN KONFLIK TOKOH INVESTIGATOR (ALMUCHAQIQ).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hanifah Hikmawati. NIM S701508009. 2015. Karakteristik dan Konflik Tokoh Investigator (Al-Muchaqiq) dalam Naskah Drama “Luzu<mu Ma< La< Yalzamu” karya Taufi<q Al-Chaki<m (Pendekatan Psikologi Sastra). Jurusan Kajian Budaya Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini membahas; (1) Bagaimana struktur yang membangun cerita dalam kaitannya dengan peran tokoh utama pada naskah drama “Luzu<mu Ma< La< Yalzamu” berdasarkan teori struktural ‘Abdul-Ba<sith ‘Abdur-Raza<q Badr, (2) Bagaimana karakteristik dan konflik tokoh utama dalam naskah drama “Luzu<mu Ma< La< Yalzamu” berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Metode dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur yang membangun cerita dalam kaitannya dengan peran tokoh utama pada naskah drama “Luzu<mu Ma< La< Yalzamu” berdasarkan teori struktural ‘Abdul-Ba<sith ‘Abdur-Raza<q Badr, (2) Mendeskripsikan karakteristik dan konflik tokoh utama dalam naskah drama “Luzu<mu Ma< La< Yalzamu” berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut; Pertama, kondisi dan perkembangan jiwa seseorang tidak terlepas dari pengaruh eksternal yaitu pengaruh psikologis yang ditimbulkan oleh kekuatan dari luar diri pribadi yang dapat bernilai positif dan negatif. Kondisi dan perkembangan jiwa seseorang tidak terlepas pula dari pengaruh faktor internal yang berasal dari pribadi itu sendiri. Faktor internal ditentukan oleh kekuatan psikis yang ditimbulkan dari ketiga sistem kepribadian yaitu id, ego, superego. Kedua, dalam naskah drama Luzu<mu Ma< La< Yalzamu ini, sebagian besar karakteristik dan konflik yang menyelimuti tokoh utama berasal dari dorongan eksternal. Berbagai kesalahan dan penyimpangan yang dilakukan tokoh lain membuat tokoh utama, investigator, turut merasakan konflik serta mempunyai klasifikasi emosi. Hal ini membuat investigator melakukan mekanisme pertahanan terhadap konflikkonflik yang dihadapinya. Kata Kunci : Karakteristik, Konflik dan Psikologi Sastra.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Konflik dan Psikologi Sastra.
Subjects: Psikologi
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:43
Last Modified: 18 Feb 2020 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35471

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum