EFEKTIVITAS PELATIHAN PENDIDIKAN SEKSUALITAS UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROTEKSI DIRI DARI PELECEHAN SEKSUAL PADA REMAJA PEREMPUAN DI SMP X SLEMAN

Rara Salsabila Syani, NIM. 14710006 (2019) EFEKTIVITAS PELATIHAN PENDIDIKAN SEKSUALITAS UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROTEKSI DIRI DARI PELECEHAN SEKSUAL PADA REMAJA PEREMPUAN DI SMP X SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN PENDIDIKAN SEKSUALITAS UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROTEKSI DIRI DARI PELECEHAN SEKSUAL PADA REMAJA PEREMPUAN DI SMP X SLEMAN)
14710006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN PENDIDIKAN SEKSUALITAS UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROTEKSI DIRI DARI PELECEHAN SEKSUAL PADA REMAJA PEREMPUAN DI SMP X SLEMAN)
14710006_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan proteksi diri dari pelecehan seksual pada remaja perempuan melalui pelatihan pendidikan seksualitas di SMP X Sleman. Partisipan penelitian ini adalah remaja perempuan dengan rentang usia 12-15 tahun, siswa SMP X Sleman, sedang duduk di kelas VII dan memiliki skor pretest yang rendah. Penelitian ini menggunakan desain kelompok one group pre test-post test design dengan skala proteksi diri dan modul pendidikan seksual yang disusun sendiri oleh peneliti. Partisipan penelitian sebanyak 9 orang siswa perempuan. Hasil uji hipotesis menggunakan SPSS berupa analisis non parametric Wilcoxon Signed Rank, diketahui bahwa perbandingan pre test – post test diperoleh p=0.007 yang berarti bahwa p<0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat proteksi diri yang signifikan antara sebelum dan sesudah pelatihan. Kemudian hasil uji hipotesis post test – follow up diperoleh p=0.479 yang berarti p>0.05 dan menunjukkan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan antara post test dan follow up. Sedangkan pada hasil uji hipotesis perbandingan pre test - follow up diperoleh p=0.008 yang berarti p<0.05, hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test – follow up. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan pendidikan seksualitas efektif untuk meningkatkan pengetahuan proteksi diri dari pelecehan seksual pada partisipan di SMP X Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mayreyna Nurwardani, S.Psi., M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pendidikan Seksualitas, Proteksi Diri, Pelecehan Seksual, Remaja
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 04 Jul 2019 11:14
Last Modified: 04 Jul 2019 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35474

Actions (login required)

View Item View Item